SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda News Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN tingkatkan pelayanan

Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN tingkatkan pelayanan

Pontianak(Suara Kalbar)-Untuk memastikan kesiapan Unit Layanan dalam menjaga dan mengamankan pasokan listrik jelang perayaan Natal dan tahun baru, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kalbar dan unit di bawahnya melaksanakan apel siaga serta gelar pasukan dan peralatan yang dipusatkan di halaman kantor Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pontianak, jalan Jendral Ahmad Yani Pontianak. Kamis (20/12/2018).

Sejumlah karyawan mempersiapkan serta  langkah khusus telah pula dilaksanakan diseluruh Unit Layanan Pelanggan untuk mengamankan pasokan listrik.

General Manager PLN UIW Kalbar, Richard Safkaur mengatakan kegiatan apel siaga dan gelar pasukan ini merupakan wujud komitmen PLN dalam meningkatkan mutu layanan terutama jelang perayaan natal dan tahun baru, serta perayaan-perayaan keagamaan lainnya.

Diakuinya bahwa untuk mengamankan pasokan listrik terutama jelang perayaan even-even keagaamaan dan kegiatan berskala nasional pihaknya telah melakukan beberapa upaya perbaikan dan pemeliharaan, mulai disisi pembangkitan, transmisi, distribusi hingga mutu layanan yang bersentuhan langsung dengan pelanggan.

“Seluruh unit layanan dipastikan melakukan langkah-langkah  persiapan  guna meningkatkan kehandalan listrik sehingga pelayanan yang kami berikan kepelanggan  menjadi maksimal,” ujar Richard.

Dijelaskannya pula langkah khusus yang dilakukan di antaranya penyusunan SOP jika terjadi gangguan listrik, agar penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Upaya lain yang dilakukan adalah melakukan pendataan genset di gereja – gereja besar di Kalbar, distribusi genset ke kantor rayon dan unit layanan PLN.

“Kami berkomitmen akan terus meningkatkan mutu layanan. Siap melayani nonstop 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu,” tegas Richard.

Kesiapan terkait UP3 Pontianak dalam mengamankan pasokan listrik UP3 Pontianak sebagi Unit Layanan Utama di sistem kelistrikan khatulistiwa telah melakukan berbagai upaya kongkrit dalam mengamankan pasokan listrik jelang natal dan tahun baru.

Salah satunya dengan melakukan pemeliharaan jaringan dan instalasi di jalur prioritas serta membuat posko unit layanan cepat untuk mengantisipasi terjadi gangguan listrik.

Menurut Manajer UP3 Pontianak, Ari Prasetyo, upaya peningkatan mutu layanan serta pengamanan pasokan listrik merupakan hal  utama yang kerap dilakukan oleh unitnya, salah satu upaya yang rutin dilakukan adalah pemangkasan pohon terpadu untuk mengantisipasi terjadinya gangguan listrik.

“Secara rutin kami melakukan perawatan dan pemeliharaan instalasi listrik, melaksanakan SOP manajemen trafo distribusi, melakukan pemangkasan pohon disepanjang jalur jaringan distribusi tentunya dengan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak,” jelas Ari.   

Diakuinya, potensi penyebab gangguan listrik yang sering terjadi dan fatal akibatnya yakni disebabkan oleh  tali kawat  layang – layang.

Menurutnya, agar kondisi kelistrikan membaik tentunya perlu perhatian dan partisipasi semua pihak. Terutama dalam mencegah terjadinya  gangguan listrik yang disebabkan oleh ulah beberapa warga yang gemar bermain layang-layang terutama yang menggunakan tali kawat. 

“Intensitas gangguan listrik akibat tali kawat layang – layang cukup tinggi, ini masalah klasik dan harus menjadi perhatian dan tanggungjawab kita bersama. Kita telah melakukan berbagai upaya persuasif, melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Perlu ketegasan aparat agar tali kawat jangan sampai ada. Sebab ini merugikan masyarakat termasuk bagi pemain layang – layang itu sendiri,” paparnya.

Penulis: Dina Wardoyo

Editor  : Kundori

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar
Bagikan:

Iklan