SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda News Plt Dirut RS Kota Pontianak dan jajaran komit tingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat

Plt Dirut RS Kota Pontianak dan jajaran komit tingkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat

Pontianak (Suara Kalbar) – Memberikan pelayanan terbaik terus menerus dilakukan oleh Rumah Sakit Alqadrie Kota Pontianak.

RS yang saat ini berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) itupun dalam menjalankan misinya dengan bisnis yang dijalankan secara sehat dan tidak mencari keuntungan  tetapi efisiensi dan efektifitas didalam menjalankan tugas dalam pelayanan kepada masyarakat.

Berdasarkan visi pelayanan Rumah sakit Kota Pontianak , RS bertipe C yang saat ini memiliki SDM sebanyak 539 orang dengan Dokter Spesialis sebanyak 28 orang dengan 16 jenis keahlian itu maka dalam menjalankan kegiatan operasionalnya terikat akan prinsip BLUD yang lebih menekankan pada aspek manfaat yang dihasilkan dengan melakukan praktek bisnis yangg sehat untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat terutama masyarakat kota Pontianak tanpa mencari keuntungan.

“Sesuai dengan arahan Bapak Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono kepada kami, maka beberapa langkah yang akan kami lakukan seperti meningkatkan mutu pelayanan dengan cara menerapkan prinsip efisiensi dalam pelayanan dengan menerapkan teknologi informatika dalam semua proses layanan mulai dari pendaftaran sampai kepulangan pasien baik yang mendapat pelayanan dirawat jalan maupun yang di rawat inap,” ungkap Plt Dirut RS Kota Pontianak Dr Jhonson kepada suarakalbar.co.id usai melakukan buka bersama di Hotel Mercure belum lama ini.

Dari aspek managemen, saat ini diakui Dokter Jhonson, sapaan akrabnya ada beberapa jabatan struktural yang kosong sehingga pihaknya masih menungggu pengisian jabatan tersebut.

“Namun demikian kami akan tetap menjalankan tugas sesuai dengan arahan Walikota yang kami terima,” tuturnya.

Langkah selanjutnya, dijelaskannya RS Kota Pontianak juga akan menerapkan prinsip efektifitas dalam pemberian pelayanan yang menekankan pelayanan yang berkualitas dan mampu bersaing pada 3 hal utama, SDM yang profesional, sarana dan prasarana, mutu obat dan bahan habis pakai digunakan dan menerapkan prinsip kinerja yang tinggi dalam pemberian pelayanan dengan tetap memperhatikan aspek budaya dan kearifan lokal yang ada di masyarakat.

“Selain juga akan meningkatkan fasilitas pelayanan di rawat jalan dan dirawat inap untuk menjawab kebutuhan Masyarakat Kota Pointianak karena setiap tahun terjadi peningkatan sekitar 20%,” katanya.

Peningkatan terkait fasilitas rawat jalan juga diakuinya akan dilakukan RS Kota Pontianak pada tahun ini seperti membuka Poli klinik Spesialis sore hari, menambah klinik Spesialis baru yaitu Klinik Spesialis Rehab Medik dan Klinik Spesialis Orthopedi.

“Peningkatan fasilitas rawat inap seperti mengoprasionalkan ruang rawat inap baru sebanyak 25 bed fasilitas Acomodasi setara ViP dan kelas 1 yang sesuai dengan konstruksi ruangan yang ada dilantai 3, kami juga akan segera menyelesaikan dan mengoperasionalkan 8 bed tambahan ICU sehingga jumlah bed ICU menjadi 15 Bed.

Dengan demikian dari 171 Bed  tergunakan menjadi Total 204 Bed,” paparnya.

Ia kembali mengatakan pihaknya tetap akan menyesuaikan fasilitas akomodasi bagi pasien BPJS sesuai dengan hak kepersetaan yang dimiliki berdasarkan regulasi BPJS. Selain akan emberikan fasilitas tanpa kelas bagi pasien umum dalam hal biaya jasa pelayan dan tindakan yang diberikan.

“Serta manfaat pilihan akomodasi,” cetusnya.

Ia menambahkan RS Kota Pontianak dengan melakukan perbaikan regulasi pada mutu pelayanan dan fasilitas pelayanan maka Rumah Sakit Kota Pontianak dapat menjawab kebutuhan masyarakat yaitu dapat melayani masyarakat yang sakit sampai ke tahap paripurna sehingga meminimalisir rujukan bertingkat.

“Selain mampu bersaing dan menjadi ikon pelayanan kesehatan yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pontianak sekaligus kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat,” katanya lagi.

Sementara Surhaini, Kepala Bagian Umum RSUD Kota Pontianak menyatakan komitmen mensuport apa yang menjadi tugas Plt Direktur dengan tetap memaksimalkan komunikasi koordinasi serta sinkronisasi pada jajaran manajemen sesuai tupoksi.

“Serta amanah yang diberikan kepada kami,  sebagai pejabat struktural di RSUD Kota Pontianak dengan tujuan memberikan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan ke masyarakat Kota Pontianak pada khususnya,” pungkasnya.

Penulis  : Dina Prihatini Wardoyo

Editor    : Kundori

Komentar
Bagikan:

Iklan