SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda Nasional Kampanye #CekTemanSebelah, Skrining Kesehatan Jiwa Meningkat Tiga Kali Lipat

Kampanye #CekTemanSebelah, Skrining Kesehatan Jiwa Meningkat Tiga Kali Lipat

Ketua Health Collaborative Center (HCC) Ray Wagiu Basrowi. ANTARA

Jakarta (Suara Kalbar)- Ketua Health Collaborative Center (HCC), Ray Wagiu Basrowi, menyatakan bahwa kampanye media sosial bertajuk #CekTemanSebelah telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya skrining kesehatan jiwa.

Sejak diluncurkan sebulan lalu, jumlah skrining meningkat hingga tiga kali lipat.

Kampanye #CekTemanSebelah dilakukan melalui media sosial Instagram dengan menekankan pentingnya keterhubungan sosial.

“Kami sengaja menggunakan pendekatan eksperimen sosial karena pendekatan ini belum pernah dilakukan sebelumnya di Indonesia. Lewat kampanye #CekTemanSebelah kami memadukan konten edukatif yang dikemas secara menarik dengan partisipasi secara sukarela dari masyarakat yang mengakses lewat akun instagram HCC, sehingga pesan kami dapat tersebar luas dan cepat,” ujarnya melansir dari ANTARA, Minggu(13/10/2024).

Menurut analisis kombinasi, kata dia, dalam seminggu pertama terdapat 600 lebih peserta sebagian besar ibu rumah tangga yang bergabung secara langsung dalam kampanye ini, dan sepertiga di antara mereka memberi respons langsung yang otentik.

Ray menambahkan, analisis juga menunjukkan metode yang paling sering digunakan para partisipan adalah mengajak curhat dan skrining secara berkelompok.

“Kami sangat senang melihat respons positif dari masyarakat. Ini menunjukkan bahwa media sosial dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kesadaran kesehatan publik dan mendorong tindakan nyata, seperti skrining kesehatan jiwa,” katanya.

Selain daya ungkit skrining hingga 3 kali lipat, ujarnya, eksperimen sosial lewat kampanye media sosial #CekTemanSebelah ini juga berhasil menciptakan gelombang diskusi di dunia maya tentang pentingnya menjaga kesehatan jiwa dengan saling ngobrol dan terhubung atau konektivitas sosial.

Adapun sebanyak 30 persen netizen turut berbagi pengalaman mereka dalam menjalani skrining, dan ini memotivasi orang lain untuk ikut serta.

Ray menilai keberhasilan eksperimen sosial ini membuka peluang untuk lebih banyak kampanye serupa di masa mendatang. Rencana berikutnya adalah memperluas cakupan kampanye dengan menjangkau daerah-daerah yang akses informasinya terbatas serta memaksimalkan potensi teknologi digital dalam pelayanan kesehatan.

Seorang ibu rumah tangga yang berpartisipasi dalam kampanye itu, Isti, mengaku berhasil mengajak enam orang lain untuk cek kesehatan jiwa bersama.

“Bahkan, beberapa masalah bisa kami selesaikan karena mengikuti ajakan konten di HCC sambil ikut #CekTemanSebelah dan skrining bareng,” katanya.

Sumber: ANTARA

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar
Bagikan:

Iklan