SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda Advertorial 2 Bulan jadi Peserta, Zera Percayakan Progam JKN untuk Proses Kelahiran Buah Hati

2 Bulan jadi Peserta, Zera Percayakan Progam JKN untuk Proses Kelahiran Buah Hati

Perasaan bahagia tengah menyelimuti pasangan muda Al Zera Geny Netriana (27) dan Erwinsyah (29). SUARAKALBAR.CO.ID/ist

Pontianak (Suara Kalbar) – Perasaan bahagia tengah menyelimuti pasangan muda Al Zera Geny Netriana (27) dan Erwinsyah (29), pasangan ini baru dikaruniai buah hati yang cantik dengan proses persalinan lancar dan normal.

Zera begitu ia disapa masih tampak sedikit lemas, namun tidak mengurangi semangatnya menyambut kehadiran sang buah hati. Zera bersyukur ia dan suami mendaftar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) karena meski baru 2 bulan terdaftar sudah bisa digunakan untuk proses persalinan tanpa kendala.

“Sebetulnya sudah lama ingin mendaftar hanya belum sempat dan akhirnya kelupaan. Setelah mendaftar kami sering konsul ke puskesmas di dekat rumah, akhirnya diberikan rujukan untuk proses melahirkan di rumah sakit. Sempat pingsan setelah melahirkan, beruntung tim medis di rumah sakit segera melakukan tindakan saya kembali pulih setelah beberapa saat. Mungkin karena terlalu kelelahan dan tensi turun, tapi sekarang sudah baik-baik saja,” tutur Zera.

Zera menambahkan waktu melakukan pendaftaran sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan, namun oleh petugas dijelaskan daftar dapat melalui Whatsapp, cukup melalui chat di nomor 08118165165 dan menyiapkan persyaratan yang diperlukan kita sudah dapat mendaftar program JKN. Setelah mendapat konfirmasi dari admin kemudian menunggu 14 hari kedepan tinggal dibayarkan iuran pertama kartu langsung aktif.

“Saya dan suami merasa beruntung karena menjadi peserta JKN, selain kewajiban sebagai warga negara ternyata menjadi peserta JKN cukup mudah. Dengan menjadi peserta JKN kita menjadi tenang karena ketika sakit sudah ada yang mengcover, tidak perlu memikirkan biaya pengobatan lagi. Cukup rutin dan tepat waktu membayar iuran sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Atau kita bisa mendaftar autodebet sehingga tak perlu khawatir saat lupa membayar iuran,” jelas Zera.

Zera juga mengatakan jika suaminya sudah mengunduh aplikasi Mobile JKN, Aplikasi Mobile JKN menurutnya menambah kemudahan layanan Program JKN karena fitur-fitur didalamnya sangat lengkap. Salah satunya mengakses KIS Digital, cukup menunjukan KIS digital melalui handphone pelayanan kesehatan sudah dapat diakses. Ia juga kerap menggunakan Aplikasi ini untuk memastikan status kepesertaannyaa aktif.

“Saya sangat berterima kasih kepada Program JKN yang telah menanggung dan memperlancar proses persalinan pertama saya. Program JKN sangat bermanfaat bagi saya dan keluarga. Tunaikan kewajiban ikuti ketentuan yang berlaku, Insya Allah proses mendapatkan layanan kesehatan mudah dan lancar. ” tutur Zera.

Saat ini BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan layanan kepada peserta JKN melalui berbagai inovasi. Berbagai kemudahan layanan digital terus dikembangkan agar peserta JKN dapat mengakses layanan dengan mudah, cepat dan setara. BPJS Kesehatan bersama fasilitas kesehatan juga terus berkolaborasi untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta JKN, salah satunya dengan mendukung Janji Layanan JKN.

Adapun isi Janji Layanan JKN diantaranya menerima NIK/KTP/KIS Digital untuk pendaftaran layanan, tidak meminta dokumen fotokopi kepada peserta sebagai syarat pendaftaran, memberikan pelayanan tanpa biaya tambahan di luar ketentuan, tidak melakukan pembatasan hari rawat pasien (sesuai indikasi medis), memberikan pelayanan obat yang dibutuhkan dan tidak membebankan kepada peserta untuk untuk mencari obat jika terjadi kekosongan obat, melayani peserta yang berasal dari FKTP luar wilayah Kabupaten/Kota maksimal 3x/bulan, melayani konsultasi online (FKTP) kepada peserta, serta melayani peserta dengan ramah tanpa diskriminasi.

Bagi peserta JKN jika mengalami kendala layanan dapat segera menghubungi petugas pengaduan dan informasi yang nomor teleponnya tertera di masing-masing fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Petugas BPJS Satu (BPJS Siap Membantu) akan siap menerima permintaan informasi dan pengaduan yang disampaikan oleh peserta BPJS Kesehatan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join channel telegram websitekami.com agar tidak ketinggalan berita loker terbaru lainnya

Join now
Komentar
Bagikan:

Iklan