SUARAKALBAR.CO.ID
Beranda Lifestyle Range Rover Perkenalkan Logo Baru, Dibilang Tak Elegan

Range Rover Perkenalkan Logo Baru, Dibilang Tak Elegan

Logo baru Range Rover dengan huruf R. (Drive/Ist)

Suara Kalbar – Jaguar Land Rover (JLR) resmi memperkenalkan desain baru logo untuk lini kendaraan mewahnya, Range Rover. Namun alih-alih disambut antusias, pembaruan identitas visual ini justru menuai kritik dari sejumlah kalangan.

Dilansir dari Drive, Minggu (20/7/2025), logo anyar tersebut menampilkan huruf “R” yang saling mencerminkan, mengadopsi estetika visual ala merek-merek fashion ternama seperti Gucci, Fendi, hingga Chanel.

Tujuan dari desain ini adalah untuk membedakan Range Rover dari sub-mereknya secara visual, tetapi bukan untuk menggantikan tulisan “Range Rover” yang biasa muncul di bagian depan atau belakang kendaraan.

Sebaliknya, simbol baru ini akan digunakan di tempat-tempat dengan ruang terbatas, seperti label aksesori, pola interior, atau elemen dekoratif dalam ruang acara.

JLR menyebutkan bahwa motif ini dibuat agar lebih fleksibel untuk berbagai sentuhan visual yang tak memerlukan logo utama.

Pola baru ini memiliki sentuhan gaya Yunani-Romawi dengan huruf “R” yang diputar dan disusun seperti papan catur. Desain tersebut dikabarkan akan mulai muncul dalam elemen interior kendaraan baru di masa depan.

Meski demikian, banyak penggemar mobil mewah ini tidak menyambut baik logo baru tersebut. Beberapa komentar di situs Autocar menyebut desain itu tidak menarik hingga cocok jadi alas sepatu yang berlumpur.

Perubahan logo ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang JLR yang diumumkan pada 2023, yang bertujuan menjadikan perusahaan sebagai rumah merek.

Dalam strategi tersebut, Land Rover diposisikan ulang sebagai merek kepercayaan, bukan lagi sebagai merek induk tunggal. Empat merek di bawah naungan JLR kini adalah Range Rover, Defender, Discovery, dan Jaguar.

Kendati demikian, CEO JLR Adrian Mardell menegaskan bahwa nama Land Rover tidak akan dihapus. “Land Rover akan tetap menjadi bagian penting dalam bisnis kami, baik di kendaraan, media sosial, situs web, maupun toko ritel,” ujar Mardell.

Sebelumnya, Jaguar juga mengalami transformasi serupa melalui perubahan logo dan peluncuran mobil konsep baru. Namun, untuk merek Range Rover, ini adalah perubahan identitas visual pertama sejak peluncurannya pada 1970.

Sumber: Beritasatu.com

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar
Bagikan:

Iklan