Landak  

Pemkab Landak Launching Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Melalui DBH Sawit 

Launching Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Perkebunan Sawit melalui DBH Sawit di Aula Besar Kantor Bupati Landak, Kamis (22/02/2024). SUARAKALBAR.CO.ID/Kominfo Landak

Landak (Suara Kalbar)-Pemerintah Kabupaten Landak Launching Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pekerja perkebunan sawit melalui Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit Kabupaten Landak di Aula Besar Kantor Bupati Landak, Kamis (22/02/2024).

Hadir dalam launching itu Pj. Bupati Landak Samuel, didampingi Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan Forkopimda Kabupaten Landak. Pada kesempatan itu juga diserahkan secara simbolis santunan kematian bagi pekerja rentan di Kabupaten Landak.

Pj. Bupati Landak Samuel, menjelaskan bahwa tujuan dari Dana Bagi Hasil (DBH) Perkebunan Sawit adalah untuk memberikan bagian dari penerimaan negara atas hasil perkebunan kelapa sawit kepada Pemerintah Daerah sebagai bagian dari transfer keuangan pusat ke daerah.

“Untuk pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan, serta mendukung pengembangan sektor perkebunan sawit daerah. Maka dari itu penting untuk mensinergikan Dana Bagi Hasil Perkebunan Sawit dengan pemberdayaan masyarakat di wilayah perkebunan sawit,” ujar Samuel.

Dikatakan Samuel, keberhasilan pengembangan perkebunan kelapa sawit yang strategis di Kabupaten Landak selain memberikan manfaat ekonomi juga memberikan manfaat untuk mengatasi masalah yang menjadi isu daerah seperti pengangguran, kemiskinan dan pembangunan daerah.

Pemerintah Kabupaten Landak memiliki komitmen untuk melindungi para pekerja. Hal ini tertuang dalam target kinerja daerah dalam RPD 2023-2026 dan diturunkan dalam RKPD Tahun 2024.

“Pemerintah Kabupaten Landak juga telah menerbitkan berbagai regulasi dalam mendukung hal tersebut,” pungkas Samuel.

Hadir juga dalam kegiatan itu Kasubdit Direktorat Dana Transfer Umum Kementerian Keuangan RI, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Kepala Kantor Wilayah BPJS Kalimantan, Kepala Cabang BPJS Kalimantan Barat, Forkopimda Kabupaten Landak, Kepala Dinas Naker dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat, para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Landak, Ketua KPU Kabupaten Landak, Camat Se-Kabupaten Landak serta undangan lainnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS