Microlino Lite: Mobil Listrik Mungil Tanpa SIM Khusus Untuk Anak-anak

Mobil listrik Microlino Lite (Micro)

Jakarta (Suara Kalbar) – Mobil listrik semakin mendapat perhatian dengan kehadiran berbagai model yang beragam.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Microlino Lite yang baru saja diluncurkan di Eropa. Dengan ukuran yang sangat mungil, bahkan lebih kecil dari Wuling, Microlino Lite menawarkan solusi mobilitas yang unik dan ramah lingkungan.

Dilansir dari Beritasatu.com, Kamis (29/2/2024), Microlino Lite merupakan versi “mainan” dari mobil listrik Microlino yang telah resmi dijual di Eropa dengan penyesuaian khusus. Microlino Mobility Systems merancang kendaraan ini untuk menjangkau segmen usia yang lebih luas, memungkinkan anak-anak berusia 14 tahun ke atas untuk mengendarainya tanpa memerlukan SIM.

Dengan dimensi 2.435 x 1.500 x 1.459 mm, Microlino lebih kecil dari mobil listrik mini dari China seperti Wuling Mini EV (2.917 x 1.493 x 1.521 mm), dan juga lebih ringan dengan berat 495 kg.

Dengan peluncuran Microlino Lite, kapasitas motor kendaraan ini diturunkan menjadi 12 tenaga kuda dan kecepatan maksimumnya dari 90 km/jam menjadi 40 km/jam. Hal ini memungkinkan pengemudi Microlino Lite tidak lagi memerlukan SIM. Jangkauan maksimum Microlino Lite bervariasi antara 100-180 km, tergantung pada jenis baterai yang dipilih pengguna.

Berdasarkan standar L6e di Eropa, usia minimum untuk mengemudi Microlino Lite adalah 14 tahun di Prancis atau Italia, 15 tahun di Austria, Jerman, dan Spanyol, dan 16 tahun di negara lain. Selain itu, siapa pun yang memiliki lisensi moped dapat mengendarai Microlino Lite.

Dari segi desain, baik Microlino Lite maupun Microlino asli sangat menyerupai BMW Isetta yang legendaris, meskipun menggunakan material konstruksi yang lebih modern dengan bodi baja aluminium. Saat ini, Micro Mobility Systems hanya menyewakan Microlino Lite seharga US$ 169 per bulan atau setara Rp 2,6 juta.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS