Kepala Staf TNI AD: 18 Satuan Akan Ditempatkan di IKN

Jenderal Maruli Simanjuntak. (Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta Suara Kalbar)- Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, mengumumkan rencana penempatan 18 satuan TNI AD di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Langkah ini sejalan dengan rencana pembangunan markas komando distrik militer (kodim), komando resor militer (korem), dan beberapa komando rayon militer (koramil) di IKN.

TNI AD, di bawah kepemimpinan Maruli, menyatakan kesiapannya untuk mendukung kegiatan di IKN, termasuk peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

“Kami sudah melihat. Kami sudah rencana, (dan) sudah dibangun kodim (komando distrik militer). Rencana nanti akan dibangun korem (komando resor militer) lagi, serta koramil-koramil (komando rayon militer), termasuk ada 18 satuan ditempatkan di IKN,” katanya melansir dari Beritasatu.com, Jumat(23/2/2024).

Maruli berkunjung ke beberapa lokasi di IKN, termasuk Titik Nol Nusantara IKN, Kalimantan Timur pada Rabu (21/2/2024).

Dalam kunjungannya itu, Maruli didampingi beberapa pejabat TNI AD, pemerintah daerah di Kalimantan Timur. Beberapa titik yang dikunjungi mencakup lokasi pembangunan Istana Negara, Kodim IKN, lokasi wisata alam IKN, dan pelabuhan.

Maruli juga meyakini pembangunan IKN dan pemindahan ibu kota negara merupakan langkah strategis pemerintah untuk mendukung pemerataan pembangunan.

Tidak hanya itu, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN juga untuk mengurangi beban Jakarta yang saat ini mengalami ragam persoalan, mulai dari kepadatan penduduk, banjir, sampai polusi.

Maruli mengatakan, TNI AD mempersiapkan 1.500 hingga 2.000 orang prajurit untuk mendukung peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

“Kami yakinkan rencana untuk mengirimkan alutsista dan personelnya. Kami berharap nanti tanggal 17 Agustus 2024, Angkatan Darat khususnya kami siap mendukung kegiatan di IKN,” katanya.

Tidak hanya ke IKN, Maruli dalam kunjungan kerja yang sama juga menyambangi Markas Kodam VI/Mulawarman dan Markas Batalyon Infanteri 600/Modang.

Di markas-markas TNI AD itu, Maruli turut memberi arahan-arahan kepada para prajurit.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS