Iklim dan Hama Menganggu Hasil Pertanian di Kubu Raya

Lahan pertanian yang ada di Kabupaten Kubu Raya. SUARAKALBAR.CO.ID/Yati

Kubu Raya (Suara Kalbar) – Petani saat ini dihadapkan dengan cuaca yang tidak menentu sehingga dirasakan cukup menganggu proses penanaman benih pertanian, ditambah beberapa waktu lalu banjir juga melanda Kabupaten Kubu Raya.

Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kubu Raya, Awaludin mengatakan tidak hanya faktor iklim yang menjadi kendala petani namun hama seperti tikus juga menganggu pertanian warga.

“Iklim yang tidak menentu menyebabkan hasil pertanian menurun, kemudian seperti yang terjadi di Sungai Kakap pertanian warga diserang hama tikus,” kata Awaludin Kamis (29/02/2024) Siang.

Awaludin menjelaskan, selain itu masalah pupuk juga menjadi kendala petani lantaran harga cukup tinggi dan pupuk yang sulit didapat namun diharapkan pemerintah pusat dapat menanggulangi permasalahan khususnya pupuk yang menjadi kebutuhan petani.

“Kami berharap pemerintah ada langkah baru untuk menangani kebutuhan pupuk para petani sehingga hasil pertanian dapat meningkat,” jelasnya.

Saat ini petani di Kubu Raya sedang memasuki masa panen, namun baru wilayah Kecamatan Sungai Raya sedangkan kecamatan lain belum masuk tahap panen.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS