Dinas Pendidikan Sekadau Dukung Baznas Bentuk UPZ di Sekolah

Baznas gelar sosialisasi UPZ bersama sekolah di Sekadau. SUARAKALBAR.CO.ID/Yeni

Sekadau (Suara Kalbar) – Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Supriyoso mewakili kepala dinas menyambut baik dan mendukung program Baznas dalam membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di tingkat sekolah.

“Kami dari dinas pendidikan dan kebudayaan sangat mendukung baik sosialisasi dan pelaksanaan zakat dan sedekah. Selama ini pihak sekolah setiap ramadhan sudah menggelar pembayaran zakat dan sedekah,” kata Supriyoso saat menghadiri acara sosialisasi zakat dan sedekah SMA/SMK diikuti SD dan SMP di Kecamatan Sekadau Hilir di aula MAN Sekadau, Rabu (28/2/2024).

Acara yang digelar Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Sekadau bersama BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Kalbar itu dihadiri kepala sekolah atau guru agama Islam tingkat SD, SMP dan SLTA di Kecamatan Sekadau Hilir.

Lebih lanjut Supriyoso meminta Baznas melakukan sosialisasi disejumlah sekolah di Kabupaten Sekadau dan pihaknya sangat menyambut baik.

“Silahkan Baznas Sekadau bersurat kepada dinas pendidikan dan kebudayaan sebagai dasar kami untuk menindaklanjuti dalam pembentukan UPZ di sekolah-sekolah,” ujar Supriyoso.

Ketua Baznas Provinsi Kalbar, Uray M Amin mengharapkan sejumlah sekolah di Kabupaten Sekadau bisa mandiri dalam membangun simpul-simpul atau komunitas basis dalam membantu pengentasan kemiskinan melalui sedekah.

“Misal di satu sekolah terdapat 20 anak fakir miskin atau yang layak disantuni dengan beasiswa, maka melalui UPZ sekolah bisa membantu. Nah, ini salah satu syiar dakwah,” ujarnya.

Ketua Baznas Kabupaten Sekadau, Rusmin Nuryadin mengucapkan terimakasih kepada kepala sekolah atau guru agam Islam yang hadir di acara syiar dan sosialisdasi ZIS tersebut.

“Kami Baznas Kabupaten Sekadau baru dilantik 5 September 2023 lalu dan masih terus melakukan sosialisasi. Untuk 7 kecamatan sudah kami bentuk UPZ. Kami berharap masjid dan sekolah silahkan membenguk UPZ dan akan di SK-kan oleh Baznas,” tegas Rusmin.

Usai sosialisasi dari Baznas dilanjutkan pemaparan dari BPJS Kejenakerjaan dan Bank Kalbar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS