BMKG Perkirakan Hujan Ringan-Lebat Pada 7-13 Desember 2023

Ilustrasi kondisi cuaca. 

Pontianak (Suara Kalbar) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memproyeksikan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat fi wilayah Kalimantan Barat pada 7-13 Desember 2023.

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Kalimantan Barat dari pukul 07:00 WIB Senin (07/12/2023) hingga pukul 07:00 WIB Selasa (08/12/2023) ada beberapa Kabupaten kota yang tergolong status siaga dan waspada, berikut nama-namanya;

Wilayah dengan status Waspada di antaranya; Kabupaten Kubu Raya, Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang, Kabupaten Sambas, Kota Singkawang, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak.

Dampak yang diperkirakan terjadi, di antaranya; jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi. Terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah. Volume aliran sungai meningkat/banjir. Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivis masyarakat dalam skala menengah.

Adapun yang harus dilakukan masyarakat di antaranya; Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah. Memperbaharui informasi melalui media massa maupun media sosial. Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan. Tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak. Berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS