5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Buah Naga.[SUARAKALBAR.CO.ID/Pexels]

Suara Kalbar– Buah naga, juga dikenal dengan nama pitaya, adalah salah satu buah tropis yang semakin populer di seluruh dunia karena rasa yang lezat dan kandungan nutrisinya yang kaya. Selain menawarkan rasa yang manis dan segar, buah naga juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa.

Di bawah ini, ada lima manfaat buah naga untuk kesehatan Anda dilansir dari berbagai sumber, Rabu (8/11/2023):

1. Kaya akan Nutrisi

Buah naga adalah sumber nutrisi yang kaya, terutama vitamin C, serat, dan antioksidan. Satu cangkir potongan buah naga mengandung sekitar 9 gram serat dan hampir 20% dari asupan harian rekomendasi vitamin C. Kandungan serat yang tinggi membantu menjaga pencernaan yang sehat, sementara vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan radikal bebas.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah naga mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Antioksidan seperti betasianin dan betasianinasetin dalam buah naga telah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan mengendalikan tekanan darah. Konsumsi rutin buah naga dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

3. Mendukung Kesehatan Mata

Buah naga juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan karotenoid, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata. Nutrisi-nutrisi ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radiasi ultraviolet dan radikal bebas, serta mempertahankan penglihatan yang baik.

4. Menurunkan Berat Badan

Buah naga rendah kalori dan mengandung serat tinggi, yang dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Serat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit. Selain itu, buah naga memiliki rasa yang manis alami, sehingga Anda dapat memuaskan keinginan makanan manis dengan opsi yang lebih sehat.

5. Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah naga membantu memelihara kesehatan kulit. Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, yang memberikan elastisitas pada kulit dan mengurangi kerutan. Selain itu, antioksidan dalam buah naga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar matahari.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, konsumsilah buah naga secara teratur sebagai camilan, tambahan dalam salad, atau bahkan jus segar. Buah naga dapat menjadi tambahan yang lezat dan bermanfaat untuk pola makan Anda. Jadi, jangan ragu untuk menikmati buah naga dan investasikan dalam kesehatan Anda.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS