Penulis: Wiji Dinda Lestari*
KEPUASAN pelanggan merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan bisnis, baik itu bisnis produk ataupun jasa.
Pelanggan yang puas mempunyai peluang besar untuk kembali melakukan pembelian dan dapat merekomendasikan ke orang terdekat.
Namun, banyak pebisnis yang masih kurang peka bagaimana tips yang paling efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Banyak faktor yang menjadi pendorong kepuasan pelanggan seperti pada kualitas produk atau jasa, fasilitas, dan lain sebagainya.
Selain faktor tersebut, berikut ini terdapat beberapa tips yang efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Menurut Kotler (2003) dalam Arief (2018) mengungkapkan, jasa adalah sesuatu yang tidak berwujud yang tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun.
Manusia dalam melakukan kegiatan sehari-harinya tidak terlepas dari kebutuhan akan barang dan jasa, baik yang dapat dikonsumsi secara langsung maupun yang perlu diproses kembali.
Jasa pada mulanya dinilai sebagai sesuatu yang kurang penting jika dibandingkan dengan barang. Lambat laun bergeser menjadi kebutuhan yang setara dengan kebutuhan fisik atau barang.
Bahkan terkadang barangpun membutuhkan jasa tambahan untuk menjalankan fungsinya dengan baik, sesuai dengan kualitas pelayanan yang diharapkan konsumen.
Kepuasan pelanggan adalah bentuk nyata yang dirasakan oleh pelanggan dalam menggunakan jasa yang telah dipilihnya. Kepuasan adalah perbandingan antara persepsi dan harapan konsumen terhadap kualitas suatu pelayanan tertentu.
Konsumen yang puas terhadap jasa akan cenderung loyal dan merekomendasikan terhadap orang lain. Namun, konsumen yang kecewa akan suatu jasa akan berdampak buruk pada keberlanjutan usaha jasa tersebut.
Untuk menghindari hal tersebut, maka bisnis jasa membutuhkan strategi yang efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
APA SAJA STRATEGI EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN?
Layanan Pelanggan (Customer Service)
Dengan adanya customer service, pelanggan bisa langsung menanyakan perihal pelayanan, jenis pelayanan apa saja yang ada dalam suatu bisnis jasa tersebut.
Dengan memberikan pelayanan yang baik dan ramah, pelanggan akan merasa nyaman, diperhatikan, dan akan membangun hubungan baik dengan pelanggan.
Pelanggan juga bisa menyampaikan keluhan dan saran kepada customer service mengenai jasa tersebut. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kecepatan, dan ketepatan customer service dalam menanggapi dan menindaklanjuti hal tersebut.
Oleh sebab itu, perlunya perhatian dan peningkatan sumber daya manusia yang profesional dalam bisnis jasa terutama pada sumber daya manusia yang bersentuhan langsung terhadap pelanggan.
Harga Yang Ditawarkan
Harga menjadi suatu hal yang cukup sensitif bagi sebagian pelanggan. Dimana pelanggan jaman sekarang merupakan pelanggan yang pintar dalam menentukan pilihan suatu jasa.
Pelanggan dapat memperhitungkan antara biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang akan diperolehnya. Pelanggan yang sudah percaya akan kualitas suatu jasa, maka harga bukan lagi menjadi pertimbangan utama.
Akan tetapi, bagi pelanggan yang baru mencoba harga menjadi pertimbangan utama dimana biaya yang telah dikeluarkan diharapkan mampu memberikan kepuasan terhadap kebutuhannya.
Bisnis jasa dapat lebih jeli dalam menentukan harga sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Diskon dan potongan harga menjadi strategi yang cukup efektif untuk meningkatkan minat pelanggan.
Aksesibilitas
Kemudahan pelanggan dalam mengakses dan mendapatkan jasa adalah hak mutlak pelanggan. Dimana konsumen cenderung menghindari jasa yang sulit ditemukan atau didapatkan. Bisnis jasa harus mempertimbangkan lokasi strategis dengan tujuan mudah dicari oleh pelanggan. Lokasi strategis, akses jalan yang bagus, akan sangat berpengaruh pada ketertarikan pelanggan dalam mengunjungi dan melakukan pembelian.
Bangun Komunikasi yang Efektif
Komunikasi merupakan poin penting bagi pebisnis maupun bagi pelanggan. Komunikasi yang baik dan efektif akan mengantarkan pada transaksi yang baik. Komunikasi akan mempengaruhi cara pandang pelanggan terhadap suatu jasa yang ditawarkan sehingga dapat mempengaruhi keputusan pelanggan.
Oleh karena itu, Ketika terjadi misskomunikasi maka akan sangat berpengaruh pada tingkat keputusan dan kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa yang ditawarkan.
Berikan Reward kepada Pelanggan Loyal
Konsumen yang loyal terhadap suatu jasa tertentu merupakan suatu pencapaian besar bagi bisnis jasa. Dimana dalam era 5.0 ini semakin banyak pebisnis yang mendirikan usaha sejenis yang tentunya akan meningkatkan persaingan yang ketat.
Pelanggan yang loyal berhak menerima apresiasi dari bisnis jasa sebagai bentuk reward dan ucapan terimakasih sudah setia dan tidak berpaling ke kompetitor lain.
Reward yang diberikan dalam bentuk voucher atau diskon khusus yang diberikan kepada pelanggan loyal yang dapat diberikan pada hari spesial tertentu.
Selamat Mencoba, Sukses Selalu!
Referensi:
Arief, 2018. Pemasaran Jasa Dan Kualitas Pelayanan. Bayumedia Publising, Malang.
https://qontak.com/blog/cara-meningkatkan-kepuasan-pelanggan/
*Penulis adalah Mahasiswi PS-MM FEB Universitas Tanjungpura