Malam Idul Fitri di Sekadau,Bupati Lepas Pawai Obor

Pelepasan Pawai Obor malam Idul Fitri 1433 H oleh Bupati Sekadau, Aron.(Suara Kalbar.co.id/Arni Lintang)

Sekadau (Suara Kalbar) – Malam Idul Fitri di Kabupaten Sekadau, Kalbar di isi Pawai Obor .pelepasan peserta dilaksakan oleh Bupati, Aron bersama sejumlah unsur Forkompinda, Minggu (1/5/2022) malam.

Pawai Obor ini di inisasi oleh Majelis Adat Budaya Melayu (MABM), Panitia Hari Besar Islam (HPBI) beserta ormas lainya.

Pawai dengan start di depan Sekretaiat MABM Jalan Panglima Naga Komplek Pasar Baru melalui rute jalan Ayani, Jalan Irian, Jalan Pantai Sungai Kampung Tebal dan Sewak serta finis di Keraton Kesuma Negara.

Lebih dari 500 peserta yang terdiri dari pelajar mengikuti pawai obor ini.sedang obor yang dinyalakan dan dibawa peserta disiapkan oleh panitia pelaksana.

Selain membawa obor, peserta juga membawa atribut serperti gerobak yang di isi dengan beduk serta meriam suara.

Sepanjang rute yang dilalui, petugas Kepolisian, TNI, Dishub dan Sat Pol PP melakukan pengawalan.

Ketua PHBI, Haji Salim mengatakan kegiatan pawai obor ini di inisiasi ormas MABM dan PHBI untuk memeriahkan malam takbiran Idul Fitri.

” selama dua tahun lebih ini tidak ada kegiatan – kegiatan seperti ini, karena pandemi Covid, sekarang bersukur bisa kita laksanakan,” ujar Salim.

Di Keraton Kesuma Negara, Bupati dan rombongan disambut oleh Raja Sekadau, Pangeran Agung Sri Negara II Gusti Muhammad Effendi dan suara dentuman karbit Keraton Kesuma negara secara bersahutan.