Sintang kini Punya Buku Catatan Pemakaman Warganya

Bidang Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang,Sari Fipriyanti saat mendampingi Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melakukan launching dan penyerahan Buku Pemakaman Secara Simbolis.(Suara Kalbar.co.id/Humas Pemkab Sintang)

Sintang (Suara Kalbar) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang berkomitmen untuk memacu presentase pencatatan kematian yang selama ini masih rendah. bahkan Pemkab Sintang telah melaunching penyerahan Buku Pemakaman Secara Simbolis kepada Pemerintah Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau.

” Buku pokok pemakaman ini merupakan upaya pemerintah pusat untuk mensinkronkan data kematian yang ada di seluruh Indonesia,” terang Kepala Bidang Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang,Sari Fipriyanti saat mendampingi Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melakukan launching dan penyerahan Buku Pemakaman Secara Simbolis.

Menurut Sari Fipriyanti,hal ini merupakan program Kemendagri. data kematian secara nasional saat ini dinilai masih kecil, dengan rata-rata 30 persen.

” Kalau Kabupaten Sintang, pencatatan angka kematian baru 5 persen di Februari 2022 ini. Pencatatan peristiwa penting kematian yang tercatat di Disdukcapil Kabupaten Sintang masih kecil. Maka, buku pokok kematian ini langkah percepatan yang diambil pemerintah pusat untuk mensinkronkan angka kematian di daerah yang dimulai dari level desa yang merupakan stakeholder penertiban administrasi kependudukan dan pencatatan sipil” beber Sari.

Sari berharap, dengan penyerahan buku ini, bisa melaksanakan kebijakan nasional terakit buku kematian.sehingga, target pencatatan kematian di Kabupaten Sintang bisa semakin tinggi.

“Dua tahun terakhir, kami belum bisa mencapai target yang ada, karena tingkat kesadaran masyarakat untuk memiliki akta kematian masih relative rendah. Ini yang menyulitkan kita mencapai target nasional. Sudah ada beberapa kades yang datang untuk mendapatkan informasi tentang buku pokok pemakaman” tambah Sari Fipriyanti.

Pada kegiatan tersebut Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH menyerahkan Buku Pemakaman Buku Pemakaman kepada Camat Serawai Rafael Nurdin, SKM dan Sekretaris Kecamatan Ambalau A. Nopeka Kusnadi, SE.
Sari Fipriyanti Kepala Bidang Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyampaikan buku pokok pemakaman.