Mau Buang Sampai di Sanggau, Ini Waktu-waktu Dibolehkan DLH

Ilustrasi - Warga buang sampah. [int]

Sanggau (Suara Kalbar) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sanggau, Agus Sukanto mengingatkan masyarakat untuk mentaati aturan jam buang sampah.berdasarkan keputusan Bupati, waktu untuk membuang sampah pukul18.00 Wib sampai pukul 06.00 Wib di Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

“Dari evaluasi kami belum 100 persen, artinya masih ada masyarakat yang membuang sampah tidak sesuai waktu yang ditentukan. tidak mudah mengubah mindset dan kebiasaan masyarakat sehingga memang membutuhkan waktu,”ujar Agus, Senin (7/3/2022).

Agus mengakui bahwa untuk mengubah kebiasaan di masyarakat, memerlukan
proses untuk sebuah penerapan aturan dan itu memang perlu waktu.

“Karena tidak gampang memang untuk merubah mindset atau perilaku masyarakat secara mendadak,” ungkapnya.

Agus, juga meminta kepada masyarakat jangan membuang sampah berupa kayu, potongan besi, ataupun yang sifatnya kursi, meja, tempat tidur agar jangan dibuang di TPS.

“Kalaupun akan dibuang tolong hubungi kami, Kami akan layani spesial dan gratis supaya masyarakat merasa nyaman dan terlayani,”ucap Agus.

Saat ini DLH Sanggau memiliki 11 unit Dump Truk pengangkut sampah. kendaraan angkut ini terdiri dari, dua unit amrol yang pengangkut kontainer dan 9 unit unit mobil Dump Truk mengangkut 32 TPS yang tersebar di Kota Sanggau.

“Kontainer kita ada 12 juga, Jadi dari masing-masing amrol itu memiliki kuota untuk mengangkut srkitar 6 kontainer setiap harinya,” sambung Agus.

Untuk volume sampah yang dihasilkan ungkap Agus, dengan hitungan rata-rata satu Dump Truk mampu mengangkut empat kubik.

“Berarti dari 11 unit mobil dikalikan empat kubik, jadi 44 meter kubik perhari,” tutupnya.