Deteksi Narkoba dan Bahan Peledak Jalur Perbatasan, Dua Ekor K9 Dikirim Ke Polsek Entikong

  • Bagikan
K9 (Anjing Pelacak) Milik Polda Kalbar yang membeckup Polsek Entikong untuk pengamanan jalur perbatasan Indonesia - Malaysia.(Suara Kalbar.co.id/Agus Alfian)

Entikong (Suarakalbar)-  Guna mengantisipasi penyeludupan Narkotika lintas Negara, Polda Kalbar datangkan Anjing Pelacak (K9) di Entikong, Kabupaten Sanggau.

“Patroli pengawasan dan pelacakan dijalur tidak resmi  perbatasan Kalimantan Barat dengan Sarawak Malaysia ini, sebagai langkah antisipasi adanya kerawanan kegiatan ileggal dan kerawanan tindak kejahatan trans internasional lintas negara di perbatasan, kata Kapolsek Entikong,AKP Sapja,Rabu(23/3/2022).

Dituturkan AKP Sapja, Polda Kalbar turut membackup dengan menerjukan dua ekor anjing pelacak. hal ini guna memaksimalkan  patroli serta pengawasan jalur tikus.

Adapun dua ekor K9 itu dengan keahlian mendeteksi Narkotika dan juga bahan peledak.

Untuk titik pengawasan dan pelacakan yakni dijalur-jalur tidak resmi atau jalan tikus yang berpotensi menjadi rute masuknya barang dari luar negeri secara ilegal.

AKP Sapja mengakui degan didatangkanya dua ekor K9 sangat membantu pihaknya di perbatasan.  khususnya daerah-daerah rawan kegiatan ileggal yang berkaitan dengan narkoba dan kemungkinan masuknya bahan peledak.

” Patroli pelacakan mengunakan K9 ini, secara rutin dan terkoordinasi mampu memperkuat barisan pengamanan jalur perbatasan negara khususnya pada jalur tidak tidak resmi atau yang dikenal dengan jalur tikus di sepanjang perbatasan Entikong,” beber AKP Sapja.

Selain itu jajaran Kepolisian Sektor Entikong juga melakukan patroli rutin, dan pengawasan malelui unit intel terhadap titik-titik rawan dengan kegiatan ileggal di perbatasan negara wilayah Entikong, pungkas Sapja.

  • Bagikan