Kondisi Ilaga Aman, Ussay Alom: Aparat Keamanan Datang Melindungi Kami

Editor: Diko Eno

 

Aparat mengejar KKB Papua di Intan Jaya [Antara]
Papua (Suara Kalbar) - Kepala perang adat di Puncak, Papua, Ussay Alom menceritakan tentang wilayah Ilaga di Papua dinilai keramat.

Ussay mengatakan siapapun kelompok atau orang  yang akan berbuat jahat di Ilaga itu tidak akan mendapatkan gelar menjadi petinggi atau mempunyai jabatan untuk menguasai salah satu wilayah Papuas tersebut.

“Siapapun yang datang kesini dia membuat kerusakan, maka dia tidak akan memiliki jabatan,”katanya, Sabtu (1/5/2021).

Ussay mengungkapkan, kawasan Ilaga merupakan salah satu daerah yang dipercaya mempunyai hal-hal keramat. Bahkan, hal tersebut, sudah ada dari jaman nenek moyang mereka yang berada di kawasan itu.

“Daerah ini gunung tapi, dari dulu moyang kami sampai daerah- daerah istimewa dan darah yang tak boleh main-main, daerah Keramat, sampai hari ini,” tegasnya.

“Tapi jika daerah ini dia bikin baik, maka naik pangkat jadi orang besar,”sambungnya lagi.

Saat ini, lanjut Ussay, kondisi keamanan di wilayahnya yang sudah kondusif, berkat dukungan pemerintah dan aparat keamanan.

“Harus kami Sampaikan, Keadaan puncak dalam keadaan aman, biarpun mereka pihak ketiga datang (aparat kemanan, red), tapi itu jangan kacau mereka jaga kami. Negara datang untuk melindungi kami, supaya bisa bebas ekonomi, bebas sekolah, bisa kerja, dan bisa tinggal disini,”ujarnya.

Ussay mengakui, bahwa sebelu aparat kemanan diterjunkan untuk mengamankan daerahnya, banyak anggota yang diguga KKB bebas berkeliaran hingga membawa senjata.

“Kalau tidak ada aparat keamanan, wah dia orang seenaknya saja bawa senjata, kami tidak mau, kami bukan dijajah, ini Negara Republik Indonesia,”tutupnya.


Rilis

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini