Kearifan Lokal, Danyon Marhanlan XII Apresiasi Festival Sahur-Sahur

Editor : Dian Sastra

Danyon Marhanlan XII, Mayor Marinir Anton Koerniawan (kelima dari kiri) saat menghadiri Babak Final dan Penyerahan Hadiah Pemenang Festival Sahur-Sahur yang berlangsung secara virtual dan live streaming di Auditorium BP2TD Mempawah, Minggu (2/5/2021) malam. SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Mempawah (Suara Kalbar) - Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) XII Pontianak, Mayor Marinir Anton Koerniawan, menghadiri Babak Final dan Penyerahan Hadiah Pemenang Festival Sahur-Sahur ke-18, Minggu (2/5/2021).

Dalam kegiatan yang berlangsung secara virtual live streaming di Auditorim BP2TD Mempawah itu, turut hadir pula jajaran Forkopimda Mempawah, pejabat Pemprov Kalbar dan Pemkab Mempawah.

Kepada suarakalbar.co.id, Mayor Marinir Anton Koerniawan, mengaku sangat mengapresiasi ajang Festival Sahur-Sahur sebagai wahana kearifan lokal untuk memperkaya seni dan budaya di Kabupaten Mempawah, khususnya di bulan ramadan.

“Terlebih, kegiatan ini telah diakui oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI yang menyediakan Piala Bergilir. Hendaknya, ini dapat terus ditingkatkan di masa mendatang,” harap Anton Koerniawan.

Ia turut memuji pelaksanaan kegiatan yang secara ketat menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan bersama di tengah pandemi Covid-19.

“Mari kita dukung program pemerintah dengan menerapkan prokes sebagai cara beraktivitas yang aman di tengah pandemi. Tetap disiplin mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan,” imbuhnya.

Penyelenggaraan Festival Sahur-Sahur pada Ramadhan 1442 H berlangsung selama tiga hari, mulai 30 April hingga 02 Mei 2021.

Sementara piala yang diperebutkan adalah Piala Bergilir Kemenpora RI, Piala Bergilir Bupati Mempawah, piala tetap dan uang pembinaan.

Penyajian Festival Sahur-Sahur ke-18 tahun 2021 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni dikemas secara sederhana dengan tetep mematuhi protokol kesehatan Covid-19, namun tidak menghilangkan kreativitas seni, entertainment, serta nuansa religi.

Dan untuk menghindari kerumunan, Festival Sahur-Sahur kali ini digelar di ruang tertutup dan masyarakat menyaksikannya secara live streaming atau virtual.

Adapun para pemenang Festival Sahur-Sahur ke-18 tahun 2021, meliputi, kategori pemula yakni Group Susy Marfy Perkusi meraih Juara I, Junior Tambangan Juara II, Penibung Skelen Junior Juara II dan Renjuang Penibung Junior juara  IV.

Untuk kategori dewasa, yaitu yang meraih Juara I adalah Group Remas Ussisa Allattaqwa, Bank Kalbar 050 meraih Juara II, Sanggar Seni Kesumba Mempawah Juara III, Nk Percussions Juara IV dan Laskar Abang Usman Juara V.

 

Penulis : Distra 

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini