Innalillahi, Pekerja Migran Asal Mempawah Meninggal Dunia di Malaysia

Editor : Dian Sastra

Almarhum Sudarwis Alfadillah bin Sabil, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, yang meninggal dunia di Malaysia. Saat ini, jenazahnya tengah dipulangkan ke kampung halaman. SUARAKALBAR.CO.ID/Dok SBMI Mempawah

Mempawah (Suara Kalbar) – Inalillahi wa inna ilaihi rajiun. Keluarga Besar Serikat Buruh Migran Indonesian (SBMI) Kabupaten Mempawah, kembali berduka.

Seorang pekerja migran, atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI), asal Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, atas nama Sudarwis Alfadillah bin Sabil, dinyatakan meninggal dunia di rumah sakit General Sarawak Hospital, Kamis (1/4/2021).

Ketua SBMI Kabupaten Mempawah, Iswandi, ketika dikonfirmasi suarakalbar.co.id, membenarkan kabar duka tersebut.

“Almarhum Sudarwis dibawa ke rumah sakit karena mengalami sakit mendadak dan sempat dirawat selama sehari. Meski tim medis di sana telah berjuang keras, namun nyawanya tak tertolong,” jelas Iswandi.

Saat ini, tambah dia, jenazah Sudarwis telah diurus oleh SBMI beserta pihak keluarga yang berada di Kuching.

“Setelah berkomunikasi dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Dinas Sosial Mempawah, saat ini jenazah almarhum sedang dalam proses pemulangan ke kampung halamannya di Jalan Sepakat, Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Timur,” ujarnya.

Kabar duka ini, ungkap Iswandi lagi, merupakan rentetan dari begitu banyak Tenaga Kerja Indonesia yang harus berakhir kehidupannya di negeri orang.

“Almarhum Sudarwis ini merupakan Pekerja Migran Indonesia non prosedural yang berangkat dari Indonesia menuju Malaysia, sekitar satu tahun lebih,” katanya.

Walaupun yang bersangkutan sudah sering bekerja di Malaysia, namun terakhir diketahui ia berangkat setelah Idul Fitri tahun lalu.

“Berita duka ini disampaikan pihak keluarga yang berada di Malaysia kepada keluarga yang ada di Desa Sungai Bakau Kecil. Dalam hal ini, SBMI Mempawah mendapat informasi dan kuasa dari pihak keluarga pada Jumat lalu, 2 April 2021,” jelasnya lagi.

Dan SBMI Mempawah baru bisa memproses segala administrasi dan upaya pemulangan jenazah pada Senin, 5 April 2021, dikarenakan Sabtu dan Minggu, merupakan hari libur bagi Konjen RI di Kuching.

“Sesuai mekanisme baku, maka SBMI Mempawah tetap melaporkan hal ini kepada pihak konsulat untuk diberikan kemudahan dan fasilitan dalam upaya pemulangan jenazah almarhum Sudarwis,” imbuh Iswandi.

Ia dan seluruh jajaran SBMI Mempawah berharap kabar duka ini dapat diterima dengan lapang dada oleh pihak keluarga, dan ia mendoakan semoga amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT.

 

Penulis : Distra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini