Festival Sahur-sahur Kembali Digelar, Tapi Secara Virtual

Editor : Dian Sastra

Ajang Festival Sahur-sahur di Mempawah beberapa tahun lalu sebelum pandemi Covid-19. Pada tahun ini, Festival Sahur-sahur digelar secara virtual. SUARAKALBAR.CO.ID/Ist

Mempawah (Suara Kalbar) – Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar), kembali menggelar Festival Sahur-sahur ke-18.

Penyelenggaraan Festival Sahur-sahur pada Ramadan 1442 H tahun ini, direncanakan berlangsung selama tiga hari, akhir April hingga awal Mei 2021.

Ketua Galaherang Kreasindo Mempawah, Mas Yusmidi, mengatakan Festival Sahur-sahur tahun ini akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, namun tidak akan merubah konsep sebenarnya.

Yang berbeda hanya lah teknis penyajian, yakni ada dua tahap penyeleksian peserta. Yang pertama, seleksi secara online, kemudian yang kedua, seleksi secara live dan penampilan final secara live.

“Dengan demikian, tidak ada penonton sebagai bentuk antispasi kita agar meniadakan kerumunan massa. Para peserta akan dinilai secara langsung oleh para dewan juri," ujar Mas Yusmidi kepada awak media di Mempawah, Kamis (8/4/2021).

Sedangkan yang masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya adalah, peserta tetap tampil menggunakan alat non nada dan hadiah yang di perebutkan yakni Piala Bergilir Kemenpora RI, Piala Bergilir Bupati Mempawah, piala tetap dan uang pembinaan.

Selain itu, Festival Sahur-sahur akan digelar di ruang tertutup, atau di dalam gedung dan masyarakat bisa menyaksikan secara live streaming atau virtual.

"Kita akan sajikan Festival Sahur-sahur kali ini dengan kemasan yang mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19, namun tidak menghilangkan nuasana kreativitas seni, entertainment, religi yang telah kita usung sebelumnya,” ujarnya lagi.

Dikatakan, masyarakat bisa saksikan secara live streaming media sosial baik itu Facebook, Instagram dan YouTube dari akun resmi milik Galaherang Kreasindo, Pemkab Mempawah dan serta akun lainnya.

Untuk kepesertaan yang mengikuti Festival Sahur-sahur ke-18 tahun 2021 ini tetap dibuka dua kategori, yakni Pemula dan Dewasa, tetapi peserta terbatas.

"Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknis perlombaan dan kepesertaan, bisa menghubungi kepanitiaan Festival Sahur-sahur Galaherang Kreasindo dan Dinas Dikporapar Kabupaten Mempawah," pungkas Mas Yusmidi.

 

Penulis : Distra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini