Febi Eka Putri, Mahasiswi Sungai Pinyuh yang Aktif Syiarkan Islam di Negeri Serbia

Editor : Dian Sastra

Febi Eka Putri, mahasiswi asal Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, yang mendapat beasiswa program pascasarjana dari Pemerintah Serbia. Ia juga dipercaya menjadi President KERIS yang merupakan wadah berhimpun seluruh mahasiswa Indonesia di Serbia. Febi dikenal aktif dalam mensyiarkan Islam di negeri pecahan Yugoslavia itu. SUARAKALBAR.CO.ID/IST

Mempawah (Suara Kalbar) –Satu lagi putri daerah Kabupaten Mempawah yang mencuri perhatian masyarakat tanah air, bahkan kini semakin terkenal di luar negeri.

Dia adalah Febi Eka Putri, mahasiswi pascasarjana asal Indonesia yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Serbia untuk berkuliah di negeri pecahan Yugoslavia itu.

Febi, sapaan akrabnya, adalah anak tertua pasangan Rino dan Rosmiati.

Sang ayah, Rino, merupakan seorang pengusaha Travel Umrah dan Pembina Yayasan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pancakarsa di Kelurahan Sungai Pinyuh, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah.

“Alhamdulillah, anak kami Febi mendapat beasiswa S2 atau pascasarjana dari Pemerintah Serbia untuk belajar Ilmu Studi Internasional di sana. Ini adalah ramadhan kedua Febi di negeri orang,” ujar Rino kepada suarakalbar.co.id, Rabu (28/4/2021) siang.

Febi adalah alumnus TK Islam Sungai Pinyuh. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan ke SDN 1 dan SMPN 1 Sungai Pinyuh.

Demi perkembangan pendidikannya, Febi kemudian bersekolah di SMAN 4 Sukabumi, Jawa Barat, dan menamatkan pendidikan sarjananya di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dengan predikat cum laude.

Begitu ada tawaran program pascasarjana dari Pemerintah Serbia, Febi tak menyia-nyiakan kesempatan berharga itu.

Hebatnya, begitu berada di sana, Febi Eka Putri kemudian dipercaya untuk menjadi Ketua Ikatan Pelajar Indonesia di Serbia (KERIS Serbia), yang merupakan wadah berhimpun seluruh mahasiswa Indonesia di Serbia.

Sosok mahasiswi kelahiran Sukabumi ini mulai mencuri perhatian, karena keuletannya dalam mensyiarkan Islam meski sebagai kaum minoritas di Serbia.

Febi selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan keagamaan. Tidak hanya di dunia Internasional, di dalam negeri meski melalui daring, ia pernah diundang menjadi narasumber untuk menceritakan pengalaman ramadannya di luar negeri dalam program Live Ramadan Luar Negeri yang dihelat One Day One Juz (ODOJ) Surabaya.

“Anak kami Febi Eka Putri juga diminta oleh TVRI Nasional untuk tampil secara live menceritakan perjalanan ramadan di luar negeri di tengah pandemi Covid-19,” jelas Rino lagi.

Untuk mewarnai semarak ramadan di Serbia, melalui organisasi yang dipimpinnya, Febi Eka Putri turut aktif menggelar kegiatan POLARIS yang berarti Program Spesial Ramadan KERIS via Instagram.

“Selaku orang tua, kami tentu saja memberikan dukungan kepada Febi dalam mensyiarkan Islam di negeri orang. Kami bangga padanya. Dan kami juga mendoakan ia selalu dalam perlindungan Allah SWT,” ujar Rino.

 

Penulis : Distra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini