Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa Yon Marhanlan XII Gelar HANMARS

Editor : Dian Sastra

Prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa Batalyon Marhanlan XII melaksanakan kegiatan Ketahanan Mars (Hanmars) melintasi dua kelurahan dan satu desa di Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (23/2/2021). SUARAKALBAR.CO.ID/Dian Sastra

Mempawah (Suara Kalbar) – Kemampuan olah keprajuritan maupun kesegaran jasmani seorang personel TNI, harus terus terjaga.

Berawal dari itu lah, Prajurit "Jaguar Yudha Khatulistiwa" Yonmarhanlan XII Pontianak menggelar kegiatan Ketahanan Mars (Hanmars) sepanjang 8 kilometer, melintasi rute Kelurahan Terusan, Kelurahan Tengah dan Desa Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah, Selasa (23/2/2021) pagi.

Pada pelaksanaan Hanmars ini, Danlantamal XII Pontianak, Brigjen TNI Marinir Andi Rukman, beserta PJU Lantamal XII, tampak turut berbaur bersama seluruh prajurit korps ungu untuk menempuh jalur yang telah ditetapkan.

Dan menariknya lagi, kegiatan turut diikuti Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, PJU Polres Mempawah dan sejumlah personel yang berjumlah 40 orang, sebagai wujud kekompakan dan kolaborasi yang baik antara TNI-POLRI.

Komandan Yonmarhanlan XII, Mayor Marinir Anton Koerniawan, kepada awak media di Mempawah, mengatakan, Hanmars adalah bagian dari pembinaan jasmani Militer (Binjasmil) yang merupakan salah satu materi dari agenda Latihan Perorangan Dasar (LPD) Yonmarharlan XII Triwulan 1 Tahun 2021.

Latihan Hanmars, tambahnya, bertujuan untuk memupuk jiwa korsa, serta melatih dan meningkatkan ketahanan fisik, maupun menjaga kebugaran tubuh seluruh anggota Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII.

“Sebab dengan kondisi fisik yang sehat dan prima akan menjadikan setiap prajurit dapat melaksanakan tugas rutinitasnya dengan baik," ujar Anton Koerniawan lagi.

Ia berharap, para prajurit dalam melaksanakan tugas kewilayahan dan rutinitas harian sesuai fungsi dan bidangnya masing-masing, tetap memelihara dan menguasai pengetahuan dasar keprajuritan, serta menjaga kesiapan kondisi fisiknya, sehingga tugas pokok dapat tercapai dan kemampuan perorangan tetap terpelihara.

"Pembinaan olahraga hanmars yang diprogramkan secara khusus ini, tidak saja dapat memperkuat ketahanan fisik prajurit, namun juga memberi manfaat lebih yaitu meningkatkan imunitas tubuh bagi kita semua terlebih di tengah pandemi Covid-19,” imbuh Anton.

“Dan yang terpenting, jangan kesampingkan faktor keamanan dan kesehatan dengan disiplin 3M dalam setiap pelaksanaan kegiatan,” pungkasnya.

 

Penulis : Distra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini