Kabut Asap Selimuti Dua Desa di Segedong, Camat Iskandar: Stop Bakar Lahan!

Editor : Dian Sastra

Camat Segedong, Iskandar, bersama Satgas Karhutla Kecamatan Segedong, melakukan penyemprotan di salah satu titik kebakaran lahan. SUARAKALBAR.CO.ID/Ist

Mempawah (Suara Kalbar) – Kebakaran lahan juga terjadi di Kecamatan Segedong, sejak 24 Februari lalu. Tepatnya, di Desa Peniti Dalam II dan Peniti Besar.

Camat Segedong, Iskandar, mengaku, Tim Satgas Karhutla Kecamatan Segedong saat ini tengah berupaya memadamkan api di dua desa tersebut. Bahkan, pihaknya juga melibatkan pihak perusahaan, PT. MSL.

“Kebakaran lahan yang terdeteksi sejak 24 Februari lalu, membuat asap semakin tebal menyelimuti Kecamatan Segedong. Kami terus bekerja keras memadamkan api agar tak meluas,” ujarnya saat dihubungi suarakalbar.co.id, Minggu (28/2/2021) sore.

Iskandar mengatakan, Tim Satgas Karhutla yang terdiri atas Camat Segedong dan staf, Kapolsek, Danramil beserta anggota yang dibantu Tim Damkar PT. MSL, terus melakukan penyemprotan dan berupaya memblokir api.

“Kami telah memetakan titik-titik api atau hotspot di Kecamatan Segedong. Terbesar memang kita temukan di Desa Peniti Dalam II dan Desa Peniti Besar. Kami imbau agar masyarakat maupun petani supaya segera menghentikan pembakaran lahan,” ungkap dia.

Iskandar menegaskan, dirinya bersama Satgas Karhutla juga telah menginstruksikan kepada seluruh kepala desa di Kecamatan Segedong, agar berperan aktif mengingatkan masyarakatnya untuk menghentikan aksi pembakaran lahan.

Jika masih ditemukan, maka Iskandar meminta Polsek Segedong bertindak tegas dan memproses hukum siapapun yang kedapatan membakar lahan.

“Percuma kita melakukan pemadaman, jika di titik lain masih ada oknum masyarakat atau petani yang melakukan pembakaran. Jadi semua pihak harus bersinergi agar karhutla di Kecamatan Segedong bisa dihentikan,” pungkasnya.

 

Penulis : Distra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini