Jumadi: Segera Terealisasi Pendirian SMA di Entikong

Suarakalbar 02

Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Jumadi.
Sanggau (Suara Kalbar)- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau, Sudarsono menyampaikan terkait adanya permintaan dan memperhatikan surat permohonan rekomendasi pendirian sekolah baru yang disampaikan oleh Ketua pengelola pendirian SMAN 1 Entikong tanggal 15 Februari 2021.

“Maka dengan ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau memberikan rekomendasi dan menyetujui untuk mendirikan SMAN 1 Entikong dengan beberapa pertimbangan pendukung,”katanya, Selasa (23/2/ 2021).

Adapun pertimbangan pendukung yaitu pertama, Kecamatan Entikong sampai saat ini belum memiliki SMA Negeri, Kedua Kecamatan Entikong memiliki 6 Sekolah pendukung (5 SMP Negeri dan 1 Mts Swasta) dengan jumlah siswa pada tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 282 siswa.

"Siswa lulusan yang berasal dari 6 Sekolah pendukung tersebut harus menempuh jarak yang cukup jauh ke Kecamatan Sekayam, Jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA,"ujar Sudarsono.
Ditambahkan Sudarsono dengan adanya SMA bisa meningkatkan dan mendekatkan akses pemerataan layanan pendidikan.

“Dan mengurangi angka putus sekolah khususnya di wilayah perbatasan,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Jumadi mendukung adanya SMA/SMU di Kecamatan Entikong yang merupakan beranda depan Perbatasan RI dan Malaysia.

"Harapannya kalau bisa segera terealisasi. Apalagi sarana pendukungnya juga sudah siap, seperti misalnya ada 5 SLTP dan 1 Mts,"ucapnya.

Jumadi juga mengatakan bahwa keberadaan SMA/SMU sangat dibutuhkan di Kecamatan Entikong.

"Apalagi dengan penerimaan siswa/siswi sistem zonasi, jika sudah ada SMA tentunya sangat membantu. Nah, kita harapkan kalau bisa tahun ini bisa dibangun,"tutupnya.


Penulis:  Darmansyah

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini