Aparat Gabungan dan Warga Berhasil “Selamatkan” 100 Kuburan di Desa Pasir Palembang

Editor : Dian Sastra

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah dan Danyon Marhanlan XII Mayor Mar Anton Koerniawan beserta PJU Polres Mempawah saat menerima penjelasan dari Kapolsek Mempawah Timur, Ipda Ria Iskandar, terkait langkah-langkah pemadamam dan pemblokiran lahan yang terbakar di Dusun Tekam Baru, Desa Pasir Palembang, Kecamatan Mempawah Timur, Jumat (26/2/2021) siang. SUARAKALBAR.CO.ID/Ist

Mempawah (Suara Kalbar) – Kebakaran lahan gambut yang terjadi di Dusun Tekam Baru, Desa Pasir Palembang, Kecamatan Mempawah Timur, nyaris melahap 100 kuburan di kompleks wakaf pemakaman warga setempat, sejak Kamis (25/2/2021) malam.

Aparat gabungan dari TNI, Polri, bersama warga setempat bahu-membahu berusaha melokalisasi api sehingga api di lahan gambut tidak merambat makin luas.

Ketika wartawan suarakalbar.co.id tiba di sana, Jumat (26/2/2021) pukul 14.00 WIB, kepulan asap masih mengepung kawasan wakaf pemakaman.

Tampak personel TNI dari Kodim 1201/Mph maupun Koramil Mempawah Hilir-Mempawah Timur, beserta Polsek Mempawah Timur, masih berjaga-jaga di Dusun Tekam Baru. Mereka terus berupaya memadamkan dan melokalisasi api.

Kapolsek Mempawah Timur, Ipda Ria Iskandar, dan Danramil Peltu Apriadi, sejak kemarin, turut bekerja keras mengatur personel dan warga untuk memastikan api tak semakin meluas.

Terlebih ketika datang bantuan dari personel dari Polres Mempawah dan Yonmarhanlan XII, yang dipimpin Kapolres AKBP Fauzan Sukmawansyah dan Mayor Mar Anton Koerniawan, upaya pemadaman terus diintensifkan.

Sejumlah kesulitan tampak menghadang aparat gabungan untuk memblokir api. Selain kebakaran terjadi di lahan gambut, petugas juga mengalami kendala sulitnya mencari sumber air dan angin yang bertiup kencang.

Bantuan juga datang dari petugas BPA-SP Sungai Pinyuh, yang dipimpin Hermawan Lim. Tim gabungan terus bekerja keras hingga pukul 17.30 WIB.

Saat itu, api tampak mulai padam, namun masih menyisakan kepulan asap yang tetap dijaga personel TNI-Polri dan masyarakat.

Kepala Desa Pasir Palembang, As’ad Afriadi, mengucapkan terima kasih atas sinergitas dan kerja keras aparat gabungan TNI-Polri, BPA-SP Sungai Pinyuh, dan warganya yang telah berupaya memadamkan api.

“Terlebih, kepada Bapak Kapolres Mempawah, Danyon Marhanlan, Kapolsek Mempawah Timur, Danramil, serta para perwira yang turun langsung melakukan pemadaman dan pemblokiran api. Kami berharap, api cepat dipadamkan sehingga tidak semakin meluas,” ujarnya.

 

Penulis : Distra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini