Lima Kecamatan di Kabupaten Landak Terdampak Banjir

Editor : Suhendra Yusri
Warga terpaksa menggunakan perahu lantaran pemukiman mereka dilanda banjir di Dusun Tanjung Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, Kamis (14/1/2021). SUARA KALBAR.CO.ID / Fitriadi

Landak (Suara Kalbar) – Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Landak sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Landak yang mengalami banjir pada Kamis (14/1/2021).

Adapun kecamatan yang terdampak banjir diantaranya Kecamatan Air Besar, Kuala Behe, Sengah Temila, Mandor dan Ngabang.

 “Bahwa kronologis terjadinya banjir di sejumlah kecamatan disebabkan hujan deras sejak pukul 14.30 WIB hingga 22.10 WIB pada Rabu (13/1/2021) yang menyebabkan meluapnya beberapa sungai seperti Sungai Landak, Sungai Bahumukng, Sungai Sidas dan Sungai Tumila, ketinggian air 60-110 cm," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Landak, Ivan Zulfisani.

Ivan mengatakan korban yang terdampak di desa Desa Aur Sampuk, Kecamatan Sengah Temila berjumlah 6 KK dengan 24 jiwa diantaranya terdapat 4 balita. Di desa ini terdapat 4 buah rumah yang terendam banjir sedalam 30-100 cm.

Sedangkan di Desa Keranji Mancal Kecamatan Sengah Temila korban yang terdampak sebanyak 30 KK. Masih di Kecamatan Sengah Temila, bahwa BPBD Landak mendapat laporan di Desa Senakin banjir mengalami surut dan ketinggian air 30 cm di atas jalan raya,  sedangkan di Desa Paloan surut total.

Kemudian di Desa Serimbu Kecamatan Air Besar, kata Ivan,  air masih bertahan. Sedangkan di Desa Kuala Behe Kecamatan Kuala Behe debit air mengalami kenaikan dengan tinggi 100 cm. "Daerah terdampak lainnya dalam pendataan," kata Ivan.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan tepatnya berada di Dusun Tanjung Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang ketinggian air mencapai hingga leher orang dewasa.

Berikut daftar lokasi terdampak banjir yang diperoleh dari BPBD Landak dan Camat Ngabang diantaranya : 

1. Kecamatan Air besar

a. Desa Serimbu

b. Desa Merayuh

c. Desa Sepangah

d. Desa Sempatung

e. Desa Nyari

f. Desa Jambu tembawang 


2. Kecamatan Kuala Behe

a. Desa Nyanyum

b. Desa Kuala Behe

c. Desa Permit

d. Desa Tanjung Balai

e. Desa Kedama 


3. Kecamatan Sengah Temila

a. Desa Aur Sampuk

b. Desa Senakin

c. Desa Pahauman

d. Desa Paloan

e. Desa Keranji Mancal

f. Desa Sidas 


4. Kecamatan Mandor

a. Desa Sebadu 

5. Kecamatan Ngabang

a. Desa Munggu 

b. Desa Hilir Kantor

c. Desa Hilir Tengah

d. Desa Raja

e. Desa Temiang Sawi

f. Desa Amboyo Selatan

g. Desa Pak Mayam

h. Desa Sebirang

i. Desa Ambarang

Penulis : Fitriadi


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini