Jam 3 Subuh Rob Naik Setinggi Lutut, Mempawah Nyaris Tenggelam

Editor : Dian Sastra

Salahsatu ruas jalan pertokoan di Pasar Mempawah yang dilanda rob sejak subuh. Foto diambil pukul 05.45 WIB, Rabu (13/1/2021). Tampak air semakin meninggi, mulai masuk ke ruko-ruko. SUARAKALBAR.CO.ID/Dian Sastra

Mempawah (Suara Kalbar)-Diperkirakan ratusan rumah di sejumlah desa dan kelurahan di Kota Mempawah mendadak direndam banjir rob setinggi lutut, Rabu (13/1/2021) subuh tadi.

Desi, warga Kuala Secapah, mengatakan, air mulai naik sekitar pukul 03.00 WIB, lalu merendam rumahnya dan juga rumah-rumah lain di kawasan Kuala Secapah, Kecamatan Mempawah Hilir.

“Saya langsung membangunkan suami dan anak-anak. Subuh tadi juga, kami langsung mengungsi ke rumah keluarga yang tak kebanjiran,” ungkap Desi yang terlihat tergopoh-gopoh beberapa kali harus bolak-balik ke rumahnya untuk mengamankan barang di rumahnya.

Ia mengaku, langkah pertama adalah mengamankan barang-barang elektronik dan kemudian mematikan semua aliran listrik.

“Saat air terus meninggi itu lah, saya langsung mematikan listrik dan membawa anak-anak mengungsi. Luar biasa banjir sekarang ini,” katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ustadz Hasan, ASN Pemkab Mempawah, yang bertempat tinggal di RT. 001/RW.001, Desa Kuala Secapah.

Ustadz Hasan mengaku, sebelum waktu Salat Subuh, dirinya dan keluarga juga dikejutkan oleh naiknya rob yang begitu cepat.

“Rumah saya juga mulai terendam. Saya dan keluarga langsung berkemas-kemas. Saya memindahkan barang elektronik ke tempat aman dan mematikan listrik,” tukas dia.

Sementara itu, di Pasar Mempawah, pukul 06.00 WIB, sejumlah ruas jalan telah terendam. Hampir 100 rumah toko (ruko) yang menjadi sentra perdagangan Mempawah juga telah dimasuki air setinggi 5-10 cm.

Meski demikian, arus lalu lintas tetap lancar. Kendaraan yang melintas di pasar harus bergerak perlahan-lahan. Banyak juga pengendara sepeda motor memilih jalur lain agar tak terkena genangan air yang terus meninggi.

 

Penulis : Distra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini