Empat Rumah di Sungai Duri II Nyaris Ambruk Diterjang Gelombang Pasang Laut

Editor : Dian Sastra

Kerusakan salahsatu rumah yang diterjang gelombang pasang laut di Desa Sungai Duri II, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, saat ditinjau Tim BPBD Mempawah. Lima kepala keluarga dilaporkan mengungsi akibat kejadian alam ini. SUARAKALBAR.CO.ID/Ist

Mempawah (Suara Kalbar)-Sebanyak empat rumah warga di Desa Sungai Duri II, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, nyaris ambruk diterjang gelombang pasang laut, sejak malam hingga dinihari tadi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sub Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, Mulyadi, ketika dihubungi suarakalbar.co.id, Kamis (14/1/2021) sore.

“Begitu mendapat laporan, tadi siang saya bersama Tim BPBD Mempawah langsung turun mengecek lokasi. Ada empat rumah yang mengalami kerusakan parah, terutama di bagian belakang rumah,” ujar Mulyadi.

Menurut dia, persentase kerusakan rumah warga yang diterjang gelombang pasang laut itu ditaksir sekitar 50-60 persen. Kerugian yang dialami para pemiliknya cukup besar.

“Kerusakan cukup parah, namun kita lega tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Kita juga telah melakukan pendataan. Dari empat rumah itu, tercatat ada lima kepala keluarga. Mereka kini semua mengungsi ke rumah keluarga masing-masing,” jelasnya.

“Kami juga memberikan motivasi agar para pemilik rumah tetap semangat dan tidak menyalahkan alam atas kejadian ini. Ini merupakan takdir Allah SWT yang harus diterima dengan lapang dada,” imbuhnya.

Terkait masih tingginya terjangan angin, entitas hujan dan potensi gelombang pasang yang masih akan terjadi di perairan Kabupaten Mempawah, Mulyadi menyampaikan imbauan agar seluruh masyarakat tetap waspada.

“Para nelayan juga kami imbau agar tidak melaut dulu, karena hasil pantauan kami, kondisi cuaca masih tampak ekstrim dan berbahaya,” pungkasnya.

 

Penulis : Distra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini