Distribusi Vaksin di 3 Wilayah, Sutarmidji: 93 Persen Faskes Vaksin di Kalbar Memadai

Editor : Dina Prihatini Wardoyo


Gubernur Kalbar Sutarmidji saat melepas pendistribusian vaksin
SUARA KALBAR/Foto:Pri

Pontianak
(Suara Kalbar) - Tiga kawasan meliputi Kota Pontianak, Kabupaten Kuburaya dan Kabupaten Mempawah menjadi kawasan pendistribusian ditahap pertama yang dilakukan Dinas Kesehatan Kalbar.


Kalbar, akan mendapatkan sekitar 52 ribu vial vaksin yang diberikan keseluruh masyarakat meski ditahap awal pemberian akan diutamakan ke tenaga kesehatan (nakes) ditiga kawasan tersebut.

Terhadap fasilitas pelayanan kesehatan di Kalbar, Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan jika 93 persen Faskes di Kalbar memadai.

"Bahkan saat ini seluruhnya memadai karena kemarin ada Puskesmas yang tidak terdaftar tapi hari ini saya yakin semua sudah siap dalam fasilitas pelayanan kesehatan disetiap kawasan," ungkap Sutarmidji usai penyerahan distirbusi vaskin ke tiga kawasan di Kantor Dinkes Kalbar, Rabu (13/1/221).

Menurutnya fasilitas kesehatan di 14 Kabupaten  Kota yang ada siap memvaksin masyarakat termasuk tahap pertama yang ditujukan ke puluhan ribu tenaga kesehatan.

Sebanyak 275 fasilitas kesehatan (Faskes) yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat siap menyalurkan 10 ribu Vaksin Covid-19.

Sebelumnya Kepala BPJS Kesehatan Kalbar, Adiwan Qodar menjelaskan yang menentukan data penerima vaksin di Kalbar terdapat di Dinas Kesehatan dan dapat diakses melalui aplikasi P-care Vaksin, aplikasi BPJS Kesehatan dalam melakukan registrasi bagi mereka yang melakukan pendaftaran ulang dalam mendapatkan Vaksin Covid-19.

"Untuk seluruh 14 Kabupaten Kota Faskes sebanyak 275,yang tersebar di 14 Kabupaten Kota. Untuk Kota Pontianak 34 faskes dikategorikan di 10 RS, dan Puskesmas sebanyak 24 kesehatan primer," jelasnya kepada suarakalbar.

Dijelaskan Adiwan terhadap 272 Faskes tersebut sebanyak 8 klinik TNI, 2 pemerintah, 246 Puskesmas dan 19 rumah sakit.

"Sehingga secara keseluruhan 275 Faskes se-Kalbar yang ada siap menyalurkan ke masyarakat terutama mereka yang telah melakukan registrasi ulang dan terdaftar di P-care Vaksin," pungkasnya.


Penulis: Pri

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini