Berseragam Polisi, Khatib di Masjid Toho Ini Ternyata Putra Seorang Kiyai

Editor : Dian Sastra

Pria berseragam polisi yang menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Miftahul Jannah, Kecamatan Toho, ternyata Kanit Reskrim Polsek Toho, Ipda Ali Mahmudi. Ia juga merupakan putra seorang kiyai di Jawa Timur. SUARAKALBAR.CO.ID/Ist.

Mempawah (Suara Kalbar)-Pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Miftahul Jannah, Kecamatan Toho, menghadirkan seorang khatib berseragam polisi, Jumat (4/12/2020).

Dari foto yang diterima suarakalbar.co.id, pria berseragam polisi ini berpangkat Inspektur Dua atau Ipda. Ia tampak fokus menyampaikan khotbah Jumat.

Ichwani, warga Mempawah, yang mampir untuk Salat Jumat di Masjid Miftahul Jannah, menceritakan, khatib yang memang seorang petugas kepolisian itu, menyerukan para jamaah agar bijak dalam menyikapi banjirnya informasi yang ada di berbagai media, khususnya media sosial.

"Jika saya tak salah, khatib mengutip Alquran, Surah Hud ayat 112. Intinya, kita harus tetap ke jalan yang benar, jangan lah kita melampaui batas. Sesungguhnya Allah Taala maha melihat apa yang kita kerjakan,” katanya.

Dalam khotbahnya pula, umat Islam di Toho diajak untuk tidak terprovokasi oleh informasi-informasi yang dapat menimbulkan perselisihan sehingga kondisi lingkungan dan masyarakat menjadi tidak stabil.

Khatib berseragam polisi juga menyampaikan agar umat Islam tetap berpedoman pada Alquran dan Sunnah Nabi, serta benar-benar memegang ilmu yang diberikan oleh para ulama dan guru yang sudah jelas silsilah keilmuannya.

Dengan demikian, umat Islam diharapkan tetap teguh dan tidak akan terombang-ambing oleh berbagai faham dan aliran yang disebarkan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk membawa ke lembah kejahiliahan.

"Saya salut dengan pria berseragam polisi yang dapat menjadi khatib. Semoga ini sebagai salahsatu wujud semakin dekatnya polisi dan masyarakat,” pungkasnya.

Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Paur Humas Bripka Susworo Putu Sastro, ketika dikonfirmasi, lantas mengungkapkan identitas seorang pria berseragam polisi yang menjadi khatib di Masjid Miftahul Jannah Toho tersebut.

“Iya, yang menjadi khatib itu adalah Ipda Ali Mahmudi, SH, MH. Jabatannya adalah Kanit Reskrim Polsek Toho. Pak Ali ini merupakan putra seorang kiyai di Jawa Timur dan cukup lama nyantri di sana,” kata Susworo.

Menjadi khatib, tambahnya, merupakan salahsatu program Polri untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, khususnya dalam bidang keagamaan.

“Kegiatan ini dapat bemakna sebagai bentuk penyuluhan kepada masyarakat agar tercipta situasi kamtibmas yang baik di Kecamatan Toho,” jelas Susworo.

 

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini