Ubah Prilaku dan Kebiasaan Penerapan Prokes di Mulai dari Lingkungan Keluarga

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Windy, saat mengenakan masker kepada anaknya (Akbar).

Kapuas Hulu
(Suara Kalbar) - Kebiasaan penerapan Protokol Kesehatan dimasa pandemi Covid-19 saat ini sangatlah penting diterapkan. Penerapan prokes tersebut tertunya harus kita mulai dari lingkungan keluarga.

Sebab, diera Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Covid-19, keluarga merupakan bagian terkecil dari sekelompok yang ada di masyarakat, sehingga pembentukan sebuah kebiasaan serta karakter prilaku seseorang dalam penerapan prokes Covid-19 berawal dari lingkungan keluarga.

Seperti yang disampaikan Windy (38) seorang ibu rumah tangga warga Putussibau Kota, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, dimana kebiasaan penerapan prokes Covid-19 yang sudah dianjurkan pemerintah memang harus dimulai dari lingkungan keluarga.

Dimana keluarga terutama bagi orang tua memiliki peran penting dalam membentuk karakter serta sifat di lingkungan keluarganya dalam mendukung kebiasaan penerapan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran virus corona yang melanda saat ini, tambahnya.

"Orang tua sangat berperan penting dalam menerapkan prilaku serta kebiasaan terutama kepada anak-anak kita dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti yang sudah dianjurkan pemerintah dengan wajib melaksanakan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan menggunakan sabun", ungkap Windy.

Lebih lanjut Windy menjelaskan, bahwa ada hal-hal kecil sebenarnya selama ini jarang kita terapkan, yaitu kebiasaan kita saat keluar rumah jarang sekali menggunakan masker. Padahal dengan menggunakan masker saat bepergian keluar rumah sangat membantu kita dari sisi kesehatan.

"Dengan menggunakan masker saat keluar rumah membantu menjaga kesehatan tubuh kita, baik itu dari debu serta udara kotor diluar yang kita hirup yang kadang sudah tercemar oleh berbagai jenis kuman yang bisa mengancam kesehatan kita," terangnya.

Selain itu, kebiasaan selalu mencuci tangan juga terutama menggunakan sabun selalu saya terapkan kepada anak-anak.

"Sehingga mereka menjadi terbiasa. Karena yang namanya anak-anak kalau sudah bermain kadang lupa mencuci tangan mereka, kadangpun mencuci dengan asal-asalan saja dengan air," ucapnya.

Kemudian terkait dengan wajib menjaga jarak, saya juga yang selalu aktif pergi ke pasar tetap selalu menghindari kerumunan ramai dengan kadang tidak terlalu lama saat memilih barang belanjaannya, tuturnya.

"Saya tetap menghindari kerumunan ramai dengan berbelanja di tempat lapak yang tidak ada kerumunannya, sehingga kita bisa memilih barang belanjaan kita yang kita butuhkan dengan tidak terlalu lama di pasar," ungkap Windy.

Mudah-mudahan dengan kita tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 terutama dimulai dari lingkungan keluarga, bisa menjadi kebiasaan baru bagi kita semua dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Saya berharap wabah Covid-19 ini cepat berlalu sehingga kita bisa beraktifitas normal kembali seperti sedia kala, serta proses belajar mengajar disekolah-sekolah bisa berjalan normal kembali," harap Windy.


Penulis : Amrin

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini