Rumah Melayu Akan Jadi Pusat Kegiatan MABM Sanggau

Editor : Suhendra Yusri
Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sanggau membersihkan lingkungan di Rumah Melayu di Kawasan Sabang Merah, Sanggau, Minggu (8/11/2020).

Sanggau (Suara Kalbar) - Pengurus Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sanggau yang baru saja dikukuhkan melakukan kerja bakti membersihkan Rumah Melayu di kawasan Sabang Merah. Tak hanya bagian dalam pembersihan juga dilakukan di sekitar Rumah Melayu yang tampak ditumbuhi rumput, Minggu (8/11/2020). 

Kerja bakti dipimpin langsung Ketua MABM Sanggau terpilih Budi Darmawan yang dimulai sekitar pukul 09.00 pagi. Seluruh pengurus ikut dalam kegiatan tersebut. Termasuk para pengurus MABM Kecamatan Kapuas. 

Ketua MABM Sanggau, Budi Darmawan mengatakan, kedepannya Rumah Melayu tersebut akan dijadikan pusat kegiatan MABM. 

“Kerja bakti hari ini supaya Rumah Melayu ini kelihatan rapi dan bersih. Kedepan akan kita gunakan sebagai pusat kegiatan MABM. Apalagi Sanggau rencananya menjadi tuan rumah MTQ tingkat provinsi pada 2023,”ujarnya. 

Meski secara keseluruhan bangunan Rumah Melayu tersebut sudah selesai, sayangnya lantaran lama tak digunakan, terdapat beberapa coretan-coretan tangan-tangan jahil di tiang maupun dinding bangunan. Pun demikian dengan air dan listrik yang masih belum maksimal. 

“Selama ini memang belum ada yang standby di sini (Rumah Melayu). Kedepan kita berharap ada yang mau tinggal di sini,” ungkap Budi Darmawan. 

Terlebih kata dia, Bupati Sanggau, Paolus Hadi juga meminta Rumah Melayu yang telah dibangun menggunakan APBD Sanggau itu segera difungsikan. 

“Selain itu, lantai dasar (basemen) yang rencananya dijadikan sekretariat balai kerja belum dibuat. Jadi terpaksa kita menggunakan dulu ruangan ganti di belakang panggung lantai satu untuk kegiatan organisasi,”ungkapnya.

Kegiatan kerja bakti ini dijadwalkan akan dilakukan seluruh pengurus DPD MABM Kabupaten Sanggau sebulan sekali.

Penulis : Darmansyah


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini