Pontianak Zona Orange, Sutarmidji Harap Minggu Depan Berubah ke Zona Kuning

Editor : Suhendra Yusri
Gubernur Kalbar, Sutarmidji

Pontianak (Suara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat menyampaikan bahwa hari ini telah terjadi perubahan zona risiko perkembangan Covid-19 di Kota Pontianak yang awalnya zona merah dan hari ini menjadi zona orange.

Sutarmidji mengatakan pada Senin (11/9/2020), Kota Pontianak turun ke zona orange,  perkembangan Covid-19 di Kalbar yang dimana sebelumnya pada satu minggu terakhir Kota Pontianak ditetapkan sebagai zona merah.

“Alhamdulillah hari ini Satgas pusat meletakkan Pontianak sudah zona orange, artinya sudah turun dari merah ke orange,” ujar Sutarmidji kepada wartawan.

Tidak hanya Kota Pontianak masuk dalam zona orange, hampir seluruh Kabupaten Kota yang ada di Kalbar juga masuk dalam zona orange.

“Tapi hampir seluruh daerah di Kalbar ini orange kecuali Ketapang kuning. Ini akan lebih ketat,” terangnya.

Dirinya berharap  pada minggu yang akan datang untuk Kota Pontianak dan semua daerah yang mendapatkan zona orange bisa berubah menjadi zona kuning.“Mudah-mudahan minggu depan sudah banyak yang kuning,” kata Sutarmidji.

Selanjutnya, Bang Midji, sapaan akrabnya menjelaskan, untuk operasional di lapangan serta penerapan sanksi itu merupakan urusan Bupati dan Walikota.

“Ini kan ada aturan dari Satgas Pusat, Satgas Provinsi dengan aturan Gubernur. Jangan diributkan aturan Gubernur karena operasionalnya aturan Bupati Walikota karena yang punya wilayah itu Bupati Walikota,” tegasnya.

Dia mengatakan penerapan sanksi itu urusan Bupati, Walikota, tapi kebijakan secara umum penangan misalnya daerah kewalahan dalam isolasi mandiri.

“Kita punya saya ambil alih sebagian. Makanya di Upelkes disana ada 46 orang yang kita isolasi, itu milik provinsi,” jelasnya.

Penulis  : Yapi Ramadhan


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini