Persoalan SARA Diselesaikan Kekeluargaan, Mohlis Saka: Mempawah Hebat!

Editor : Dian Sastra

Mohlis Saka, Sekretaris Laskar Pemuda Melayu (LPM) Kabupaten Mempawah.

Mempawah (Suara Kalbar)-Sekretaris Laskar Pemuda Melayu (LPM) Kabupaten Mempawah, Mohlis Saka, mengapresiasi pertemuan seluruh lintas organisasi etnis dalam penyelesaian persoalan ujaran kebencian berunsur SARA di Rumah Budaya Melayu, Rabu (18/11/2020).

“Hal ini hendaknya menjadi pembelajaran bagi kita semua bahwa harus lebih arif, cerdas dan bijak dalam bermedia sosial. Dan berbicara soal SARA ini, lebih elok jika tak menjadi topik berlebihan di media sosial dikarenakan sangat sensitif,” katanya.

Mohlis Saka dan beberapa pengurus LPM Kabupaten Mempawah turut menghadiri musyawarah seluruh lintas organisasi etnis yang membahas permohonan maaf keluarga Hil, pelaku ujaran kebencian, yang kini masih ditahan pihak kepolisian.

Dengan adanya permohonan maaf dari orangtua yang bersangkutan dan seluruh perangkat desa ini, dinilai Mohlis, sebagai bukti keseriusan mereka dalam kasus ujaran kebencian yang sempat meresahkan tersebut.

“Dan kita berharap pula agar pihak keluarga dapat lebih ketat mengontrol yang bersangkutan agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi di masa mendatang,” imbuhnya.

Lebih lanjut menurut Mohlis, Kabupaten mempawah merupakan kabupaten yang mejemuk, diisi dari berbagai etnis dan telah hidup rukun dalam bingkai perbedaan. Maka wajib bagi semua komponen masyarakat untuk menjaga situasi tersebut agar kamtibmas tetap aman dan damai.

“Terima kasih juga buat bupati yang diwakili Asisten III, Kapolres, Dandim, Camat dan seluruh muspida serta muspika akan peran sertanya menyikapi persoalan ini,” ujar Mohlis lagi.

Ia juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ikatan Keluarga Besar Madura Kabupaten (IKBM) Mempawah, Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB), serta organisasi etnis lainnya.

“IKBM dan FKOB yang mendapat celaan dari yang bersangkutan, sungguh luar biasa, dengan kesabaran yang besar memberikan ruang maaf secara ikhlas. Mempawah benar-benar hebat!” tegasnya. 

Karenanya, dirinya dan seluruh jajaran DPD Laskar Pemuda Melayu Kabupaten Mempawah sangat mengapresiasi musyawarah demi kebersamaan dalam bingkai NKRI ini.

Terlebih, seluruh organisasi telah menyepakati untuk menyelesaikan persoalan ini secara damai dan penuh kekeluargaan.

“Semoga ada jalan terbaik. Sebab permasalahan ini telah sampai ke proses hukum. Ya kita harus ikuti semua tahapan-tahapan yang berlaku,” pungkasnya.


Penulis : Tim Liputan

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini