ORGANDA Mempawah Terus Upayakan Kebersamaan Jasa Angkutan

Editor : Eno

Wakil Ketua DPC ORGANDA Kabupaten Mempawah, Joko Laksito.

Mempawah
(Suara Kalbar)-Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) ORGANDA Kabupaten Mempawah, Joko Laksito, menegaskan, pihaknya terus berupaya mengakomodir pengusaha lokal jasa angkutan umum Kabupaten Mempawah terkait bakal beroperasinya Terminal Kijing, Kecamatan Sungai Kunyit.

“Kami ingin hadirnya Pelabuhan/Terminal Kijing bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi pengusaha lokal yang bergerak di jasa angkutan umum, baik itu dump truck, minibus untuk taksi dan rental,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Joko mengungkapkan, telah berdiri Koperasi Sultan Ganda untuk mengkoordinir jasa angkutan umum, terutama bagi anggota. Tak hanya bagi pengusaha angkutan di Mempawah, tapi juga di seluruh Kalimantan Barat.

“Kebersamaan antar pengusaha angkutan ini kami wujudkan agar terjadi persaingan sehat di bidang angkutan umum, yakni tidak ada perang tarif dan juga monopoli. Kami tidak ingin ada salahsatu pihak yang dirugikan,” tegasnya.

Bagi pengusaha jasa angkutan umum, baik perorangan, kelompok dan badan usaha yang ingin terlibat dalam kegiatan di Pelabuhan/Terminal Kijing terlebih dahulu menjadi anggota Koperasi Sultan Ganda.

“Saat ini Koperasi Sultan Ganda juga sedang berupaya agar kendaraan anggota bisa masuk ke Pelabuhan Kijing,” imbuh Joko lagi.

Selain itu, harus pula memenuhi kriteria bagi pengelola jasa angkutan umum, yakni jenis kendaraan yang bisa beroperasi maksimal berusia 5 tahun atau tahun perakitan 2016 ke atas.

Sedangkan untuk taksi, tidak saja harus berusia maksimal 5 tahun, tapi juga memiliki cc kendaraan minimal 2.000.

“Karenanya, jika ada pengusaha jasa angkutan yang ingin mendaftarkan diri, dipersilakan untuk menghubungi DPC Organda Angkutan Khusus Pelabuhan di Kecamatan Sungai Kunyit dan DPC Organda Kabupaten Mempawah,” katanya.

Joko berharap, saat Pelabuhan/Terminal Kijing nanti diresmikan dan mulai beroperasi, Koperasi Sultan Ganda telah mendapatkan ijin dari instansi terkait sehingga bisa langsung memberikan pelayanan jasa angkutan di sana.

Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini