Motor Diparkir di Teras, Polisi di Jungkat Gedor Rumah Warga

Editor : Suhendra Yusri
Personel Polsek Siantan, Polres Mempawah, mengedukasi warga agar tidak menyimpan sepeda motor di depan rumah mengantisipasi tindak curanmor.

Mempawah (Suara Kalbar)-Personel Polsek Siantan, Polres Mempawah, yang menggelar patroli malam, masih menemukan sejumlah warga yang menyimpan dan memarkir sepeda motor di teras rumah, Senin (9/11/2020). 

“Meski dikunci ganda, keberadaan sepeda motor di teras rumah ini mengundang tangan-tangan jahil melakukan tindak kejahatan pencurian. Karenanya, personel kami memberikan edukasi kepada warga,” ungkap Kapolres Mempawah, AKBP Fauzan Sukmawansyah, melalui Kapolsek Siantan, Iptu Rahmad Kartono.

Menurut dia, edukasi humanis yang diberikan personel Polsek Siantan itu agar masyarakat turut berperan aktif menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing. 

Lebih lanjut Kapolsek Siantan menjelaskan, saat menemui kendaraan yang disimpan di teras dan dengan pagar terbuka, personelnya akan menggedor pintu rumah warga. 

Kemudian menyarankan agar kendaraan dimasukkan ke dalam rumah, tidak meninggalkan anak kunci di motor, serta memastikan semua pintu dan jendela rumah telah tertutup rapat. 

“Beberapa kasus pencurian sepeda motor (curanmor), terjadi saat kendaraan disimpan teras rumah walau dalam keadaan terkunci stang. Seperti Bang Napi katakan, kejahatan terjadi bukan saja karena niat, tapi juga karena adanya kesempatan,” ujar Rahmad Kartono seraya tersenyum.

Dalam patroli malam ini, petugas kepolisian juga mengimbau agar warga atau remaja yang nongkrong agar mematuhi protokol kesehatan, tidak bergadang terlalu malam, tidak mengkonsumsi minuman keras dan lain sebagainya. 

Personel Polsek Siantan juga menyasar ke pemukiman-pemukiman yang padat penduduk. Meminta warga untuk mengecek aliran listrik dan kompor mengantisipasi bahaya kebakaran. 

“Demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat, kami akan terus melaksanakan patroli malam. Tidak saja menggunakan mobil patroli, namun juga kendaraan masing-masing personel Polsek Siantan,” tutupnya. 

Penulis : Dian Sastra


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini