Menuju Pembangunan Berkelanjutan, Pemkab Natuna Teken Kerjasama dengan BIG

Imam agus

 

Plt. Asisten I Setda Natuna, Budi Darma Menerima Cendramata

Natuna (suarakalbar) - Bupati Natuna, melalui Plt. Asisten I bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Budi Darma, menghadiri acara Penandatanganan Dokumen Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja, antara Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Aston Priority Simatupang, Jalan Letjend TB Simatupang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Kamis (19/11) pagi itu, dihadiri oleh Kepala BIG, melalui Sekretaris Utama BIG, Muhtadi Ganda Sutrisna. Hadir pula para Kepala Daerah atau perwakilan dari 8 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota lain yang juga turut menjalin kerjasama dan MoU dengan BIG, diantaranya Kabupaten Lahat, Langkat, Batanghari, Tanjungpinang, Musi Banyuasin, Flores Timur, Jepara dan Pemkot Tanjungpinang.

Asisten I Setda Natuna, Budi Darma, mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, menyampaikan terimakasih kepada pihak BIG, yang telah melakukan kerjasama dibidang pengelolaan data dan informasi. Menurutnya hal ini sangatlah penting, karena data geospasial dapat menjadi acuan bagi pembangunan berkelanjutan di Daerah, khususnya Kabupaten Natuna yang sedang mereview Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW).

Budi Darma menyebutkan, posisi Kabupaten Natuna yang merupakan daerah perbatasan dan terluar, menjadikan data informasi geospasial hal yang sangat penting, bagi pembangunan pertahanan dan keamanan Negara, khususnya diwilayah ujung utara NKRI.


Menurut Budi Darma, data informasi saat ini dinilai sangat penting, dalam proses pembangunan berkelanjutan disuatu  Daerah maupun Negara. Bahkan bagi setiap Negara yang dapat menguasai data informasi, berpotensi untuk bisa menguasai dunia.

Untuk itu dengan adanya perjanjian kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dengan BIG, merupakan salah satu upaya strategis bagi kepentingan pembangunan yang berkelanjutan di Daerah Berjuluk Mutiara Diujung Utara Indonesia tersebut.

Sementara itu Sekretaris Utama BIG, Muhtadi Ganda Sutrisna, menjelaskan, guna memonitor dan mengevaluasi implementasi kerjasama Geospasial dengan Pemerintah Daerah, maka diadakanlah pertemuan sebagai ajang silahturahmi dan berdiskusi mengenai berbagai pelaksanaan Nota Kesepakatan, MoU dan PKS selama tahun 2020, untuk menjadi masukan ditahun 2021 mendatang.

Muhtadi Ganda Sutrisna mengatakan, penandatanganan nota kesepakatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, menunjukkan semakin tingginya kesadaran Pemerintah Daerah mengenai pentingnya Penyelenggaraan, Pengembangan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial bagi pembangunan di Daerah.

Kedepannya, berbagai kerjasama antara BIG dengan para pihak, khususnya dengan Pemerintah Kabupaten Natuna, akan terus betlanjut dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat.


Saat ini, imbuh Muhtadi Ganda Sutrisna, BIG dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, dikoordinasikan oleh Kementerian PPN/Bappenas, maka paradigma secara holistik, integratif, tematik dan spasial (HITS) menjadi sebuah keharusan. Hal ini sejalan dengan kebijakan Satu Data Indonesia (SDI), bahwa keberadaan Informasi Geospasial menjadi semakin relevan dalam upaya mengintegrasikan data geospasial dan non geospasial (statistik) untuk perencanaan pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Ia berharap agar kerjasama ini dapat mempercepat penyelenggaraan Informasi Geospasial serta dapat mendukung percepatan pembangunan bagi kesejahteraan rakyat.

Perlu disampaikan bahwa selama masa pandemi Covid-19 ini, kerjasama antar lembaga dalam hal ini antara BIG dengan mitra kerja sama yang berasal dari kementerian/lembaga masih terus berjalan.  Tercatat hingga akhir Oktober 2020, BIG telah bekolaborasi dan bersinergi dengan 10 mitra kerja sama, baik melalui Nota Kesepahaman, Perjanjian Kerja Sama, maupun Kontrak Kerja Sama.

Hal itu menunjukkan bahwa kerjasama antar Kementerian/Lembaga ini masih dirasa penting untuk bersama-sama mencapai tujuan, visi dan misi masing-masing Kementerian/Lembaga, khususnya terkait informasi geospasial. Untuk itu, dibutuhkan sinergi antar institusi untuk terus meningkatkan kerjasama yang lebih luas baik cakupan wilayah maupun jenis dan tema kegiatannya, dalam rangka untuk mempercepat dan menjamin ketersediaan informasi IG untuk pembangunan Nasional.

Turut mendampingi Asisten I Setda Natuna, Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan serta Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian Kerjasama Setda Natuna. 


Liputan : Imam

Editor : Kundori

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini