Memaknai Hari Pahlawan, Gubernur Kalbar : Hargai Jasa Kepahlawanan Nakes

Editor : Suhendra Yusri
Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji

Pontianak (Suara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji turut memaknai hari pahlawan dengan menggelorakan jiwa kepahlawan pada genarasi saat ini.

“Jadi seminar ini untuk menggelorakan jiwa kepahlawanan bagi kita-kita ini generasi sekarang ini yang hidup di era kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Sutarmidji kepada awak media, Senin (16/11/2020).

Dia menjelaskan kunci dari memaknai jiwa kepahlawan dengan ikhlas dan tanpa pamrih dalam mengisi kemerdekaan. Seperti para pejuang kemerdekaan jaman dahulu yang susah payah merebut dan mempertahankan NKRI tanpa pamrih.

“Kunci dari jiwa kepahlawanan itu adalah ikhlas dan tanpa pamrih dalam berbuat mengisi kemerdekaan negara kita. Sebagaimana pejuang-pejuang yang sudah merebut dan mempertahankan NKRI mereka berjuang tanpa pamrih. Mereka kadang orang-orang yang tidak mengeyam pendidikan tapi dia nengorbankan jiwa raganya untuk mengisi kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Sutarmidji juga memaknai Hari Pahlawan dengan menghargai jasa tenaga kesehatan yang berjuang dengan ikhlas dalam menangangi pasien konfirmasi Covid-19. Dimana tak banyak nakes yang gugur demi menangangi hal tersebut.

“Di masa Covid ini kita melihat bagaimana kepahlawanan para dokter dan tenaga kesehatan. Banyak yang gugur berkoban dan padahal mereka tahu bahwa yang namanya virus ini ya jangan kan disentuh orang,” jelasnya. 

Menurutnya  disuruh jaga jarak tapi mereka menyentuh dan kemudian memeriksa dan mengobat tetapi mereka lakukan itu sebagai panggilan jiwa sebagai seorang dokter yang sudah bersumpah untuk menangani itu.

Orang nomor satu di Kalbar ini meminta agar masyarakat tetap menghargai jasa nakes sebagai pahlawan ditengah pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Semangat sebagai pahlawan ditengah pandemi ini harus kita hargai dan hormati betul dengan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk menjaga jarak, cuci tangan, cuci masker dan lain sebagainya,” jelasnya.

Penulis   :   Yapi Ramadhan


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini