LDII Kalbar: Patuhi Prokes Covid 19 dengan Pendekatan Ibadah

Editor : Suhendra Yusri
Ketua LDII Kalimantan Barat, Susanto

Mempawah (Suara Kalbar)- Jumlah kasus terkonfirmasi Covid 19 terus bertambah, bahkan ada beberapa daerah yang berstatus zona merah. 

Pencegahan penularan tidak boleh hanya dibebankan kepada pemerintah dan aparat Polri dan TNI, namun kedisiplinan warga dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid 19 harus diwujudkan. 

Demikian pernyataan Ketua DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Kalbar, Susanto, menyikapi trend peningkatan kasus Covid 19 kepada suarakalbar.co.id, Senin (9/11/2020) sore. 

Selama ini edukasi penerapan prokes sudah secara masif dilakukan, tetapi ternyata belum mampu membangun kesadaran kolektif di kalangan warga. 

"Kesadaran kolektif di kalangan warga masih rendah, faktanya banyak ditemukan yang tidak mematuhi prokes pencegahan Covid 19, padahal edukasi sudah masif dilakukan," ujarnya.

Memang diakui, membangun kesadaran kolektif bukanlah pekerjaan yang mudah, maka perlu diperkuat dengan pendekatan ibadah. 

"Edukasi, sosialisasi dan kampanye untuk mematuhi prokes tetap dilakukan, namun diperkuat dengan pendekatan ibadah artinya dikaitkan dengan pahala dan dosa," tambah Susanto.

Kepatuhan menggunakan masker saat aktifitas di luar rumah misalnya secara perspektif agama bernilai ibadah. 

"Menggunakan masker di masa pandemi bernilai ibadah, karena memberi rasa aman bagi dirinya dan orang lain," ungkap dia.

Dalam sebuah Hadits Riwayat Ibnu Majah menjelaskan Rasulullah SAW bersabda” Barangsiapa yang membahayakan orang lain, maka Allah akan membahayakan pada dirinya, dan barang siapa yang menyulitkan orang lain, maka Allah akan menyulitkan padanya”. 

"Hadist Ibnu Majah No 2342 ini, bisa dijadikan pedoman bahwa ada nilai ibadah nya dengan mematuhi prokes Covid 19, dan dalam Al Qur'an juga banyak ayat yang bisa dijadikan rujukan," kata dia.

Oleh karenanya, Susanto mengajak seluruh masyarakat agar mematuhi prokes supaya pandemi ini segera berakhir, sehingga aktivitas sosial kemasyarakatan bisa berjalan lancar dan pulih seperti sedia kala. 

Penulis : Dian Sastra



Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini