Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar: Duta Genre Bisa Berperan Aktif Untuk Masyarakat

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Grand Final pemilihan Duta Genre tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Bara

Pontianak
(Suara Kalbar) - Grand Final pemilihan Duta Genre tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat dilaksanakan pada Kamis,(5/11/2020) malam bertempat di Hotel Ibis Pontianak ini menyorot perhatian publik.

Pasalnya pemilihan Duta Genre tersebut digelar ditengah pandemi Covid-19. 

Akan tetapi pelaksanaan dilapangan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar,Tenny Calvenny Soriton menjelaskan, pemilihan Duta Genre yang ke-10. Adapun pemilihan Duta Genre diselenggarakan sejak tahun 2010.

“Ini merupakan pemilihan Duta Genre yang ke-10 jadi diawali sejak tahun 2010 dan tahun ini pemilihan yang ke-10,” ujarnya kepada wartawan.

Dirinya menilai, pemilihan Duta Genre pada tahun ini cukup memprihatinkan karena saat ini Kalbar juga sedang mewabah virus Covid-19. Akan tetapi hal tersebut tidak mematahkan semangat BKKBN Kalbar untuk dapat menyelenggarakannya karena mengingat banyak pemahaman yang harus diberikan kepada Duta Genre tahun ini.

Pemilihan yang ke-10 ini termasuk pemilihan Duta Genre yang memprihatinkan karena memang berlangsung pada saat pandemi Covid-19 masih mewabah bahkan meningkat.

"Tetapi Covid-19 tidak menjadi halangan bagi BKKBN perwakilan Kalimantan Barat untuk berinovasi karena kegiatan Genre ini untuk anak-anak kita sendiri bagaimana kita memberikan pemahaman kepada mereka untuk dapat merencanakan kehidupannya, pendidikannya, pekerjaan, keluarga dan bisa merencanakan berapa keluarga yang direncanakan kedepan,” terangnya.

Tenny menerangkan pemilihan Duta Genre tahun ini diikuti sebanyak 23 peserta dari 12 Kabupaten Kota. Ada dua Kabupaten yang tidak dapat menurunkan utusannya karena terhalang oleh pandemi.

“Yang mengikuti ini ada 23 peserta dari 14 Kabupaten Kota. Jadi yang mengikuti tahun ini ada 12 Kabupaten Kota karena memang Covid-19 ini menjadi tantangan bagi anak-anak kita di daerah karena ada dua Kabupaten yang terhalang Covid sehingga belum bisa menurunkan pesertanya untuk lomba genre ini,” bebernya.

Pemilihan Duta Genre 2020 ini merupakan perwakilan dari masing-masing Kabupaten Kota yang telah melaksanaka pemilihan seleksi Duta Genre. Pada bulan desember ini,pemenang Duta Genre akan bersaing ditingkat nasional yang diselenggarakan secara virtual.

“Yang dikirim untuk Duta Genre 2020 ini kan hasil seleksi Duta Genre 2020 di Kabupaten Kota masing-masing. Jadi yang pemenang disetiap Kabupaten Kota dikirim ke Provinsi untuk dilombakan dan nanti bulan desember ada lomba Duta Genre tingkat nasional secara virtual nanti,” kata Tenny.

Untuk perihal kriteria, Tenny menyampaikan ada banyak hal yang menjadi kriteria pemenang menjadi perwakilan ataupun pemenang pada Duta Genre tingkat Provinsi ini.

“Ada banyak kriteria untuk menjadi Duta Genre. Bagaimana kemampuan,komunikasi,live style, jadi banyak indikator yang dinilai juri yang sudah kompeten dan bisa dijamin bagaimana bisa menilai anak-anak,” ujarnya.

Dia berharap agar kedepannya,Duta Genre dapat berperan aktif di masyarakat.

“Ini bukan lomba untuk kalah menang tapi bagaimana lomba Genre ini bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa remaja Genre ini bisa berperan baik pada masa transisi maupun masa sekarang ini,” pintanya.


Penulis: Yapi Ramadhan

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini