Gebyar GERMAS di Sungai Pinyuh, Dorong Peran Aktif Masyarakat Cegah Covid-19

Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Sesi tanya jawab yang merupakan bagian dari Sosialisasi GERMAS yang digagas Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh. Pada sosialisasi ini, digelar senam bersama, cek kesehatan gratis, bagi masker serta sejumlah kegiatan lainnya.

Mempawah
(Suara Kalbar) - Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menjaga pola hidup sehat di tengah pandemi Covid-19.

Dalam sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh menggelar sejumlah kegiatan, Jumat (20/11/2020) pagi. 

Tampak hadir, Camat Sungai Pinyuh, Daeng Dicky Armeina, Kapolsek Kompol B Sembiring, Danramil Kapten Inf Amirudin, Ketua PKK dan para kepala desa, personel TNI/Polri, serta perwakilan elemen masyarakat se Kecamatan Sungai Pinyuh. 

Kepala Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh, dr Riska Susanti, mengatakan, sosialisasi GERMAS ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat di masa pandemi Covid-19. Sebab akhir-akhir ini, kasus terkonfirmasi di Sungai Pinyuh semakin meningkat. 

Rangkaian kegiatan yang digelar, tambahnya, senam bersama dengan lintas sektoral, pemeriksaan kesehatan gratis berupa cek tensi darah, gula darah, kolesterol dan asam urat, pembagian masker, serta edukasi tentang pentingnya makan buah dan sayur. 

“Kita selalu mengajak masyarakat agar hidup sehat, dengan cara melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit tiap hari, makan buah dan sayur, cek kesehatan minimal enam bulan sekali, tidak merokok maupun mengkonsumsi narkoba,” jelasnya.

Dalam sosialisasi ini juga diberikan ruang sesi tanya jawab seputar persoalan kesehatan dan upaya-upaya pencegahan Covid-19 di Kecamatan Sungai Pinyuh, mengingat belum dapat diketahui kapan pandemi ini akan berakhir. 

Camat Sungai Pinyuh, Daeng Dicky Armeina, dalam kesempatan itu mengatakan, implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini harus dimulai dari upaya menumbuhkan kesadaran di tingkat keluarga. 

Karenanya, tegas Daeng Dicky, perlu kerjasama semua pihak, bahkan hingga ke desa-desa agar program GERMAS ini dapat terlaksana dengan baik. 

Sebab jika masyarakat sudah memahami pola hidup sehat, maka tanpa perlu disuruh atau diimbau, mereka sudah bisa menerapkan GERMAS dari kalangan keluarga sebagai unsur masyarakat terkecil. 

“Jika dalam satu rumah telah menerapkan prilaku hidup sehat dan menjaga satu sama lain, Insya Allah, program GERMAS akan berhasil. Tidak saja masyarakat akan sehat, tapi juga terhindar dari bahaya Covid-19,” katanya. 

Dalam kesempatan itu, Daeng Dicky mengapresiasi soliditas dan kerja keras jajaran Forkopimcam dan Pemerintah Desa di Kecamatan Sungai Pinyuh, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 selama ini. 


Penulis : Dian Sastra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini