FKS Sabang Merah Sosialisasikan Keserasian Sosial

Editor : Suhendra Yusri
Forum Keserasian Sosial (FKS) Sabang Merah Kelurahan Bunut menggelar sosalisasi atau dialog tematik program keserasian sosial berbasis masyarakat dalam rangka mencegah konflik sosial di Aula Kantor Camat Kapuas Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Senin (9/11/2020).

Sanggau (Suara Kalbar) - Forum Keserasian Sosial (FKS) Sabang Merah Kelurahan Bunut menggelar sosialisasi atau dialog tematik program keserasian sosial berbasis masyarakat dalam rangka mencegah konflik sosial yang berlangsung di Aula Kantor Camat Kapuas Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Senin (9/11/2020).


Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Kapuas Jemain, Lurah Bunut, Ketua TP PKK Kecamatan Kapuas, Ketua TP PKK Kelurahan Bunut, Dasawisma Teratai, Paguyuban, Anak Genre dan Forum Anak Daerah (FAD)

Pelindung FKS Sabang Merah Kelurahan Bunut Arita Apolina mengatakan, kegiatan ini merupakan sosialisasi yang kedua terkait keserasian sosial berbasis masyarakat dalam rangka mencegah konflik sosial.

“Terutama untuk para pengguna Aula Sehati dari Forum Sabang Merah yang nanti kita gunakan. Harapan kita mudah-mudahan forum ini bisa terus berjalan. Aktivitasnya bisa terkoordinir dengan baik, sehingga benar-benar mencerminkan keserasian sosial di dalam masyarakat,”katanya.

Menurut Arita, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan agar jauh dari hal-hal yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat. 

“Sebagaimana disampaikan Ketua FKUB agar sering melakukan dialog terkait keserasian sosial. Apabila ada masalah terkecilpun supaya segera diatasi, diambil tindakan dan kebijakan. Sehingga masalah-masalah tidak melebar, tidak mempersulit kita dan masyarakat,” ujarnya.

Arita juga berupaya mencerminkan salah satu bagian dari komponen masyarakat di Kabupaten Sanggau yang bisa mewujudkan, memfasilitasi dan mengajak masyarakat untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan keserasian sosial. 

“Terutama bekerjasama dan bergotong royong untuk mencapai satu kesepakatan keserasian itu sendiri dan keharmonisan dalam masyarakat,” imbuh Arita.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau Aloysius Yanto mengapresiasi FKS Sabang Merah Kelurahan Bunut yang secara konsisten terus melaksanakan program keserasian sosial.

“Hari ini sudah dilakukan sosialisasi yang kedua. Kemudian pembangunan fisik aula terbuka yang diberi nama Aula Sehati sudah berjalan dan nanti tanggal 26 November sudah hampir rampung dan pada tanggal 10 Desember mendatang sudah bisa diresmikan,” katanya.

Aloysius berharap apa yang sudah dibuat FKS Sabang Merah Kelurahan Bunut terus dimaksimalkan. Sehingga keharmonisan tidak hanya terwujud di ibu kota kabupaten saja, tetapi di seluruh Kabupaten Sanggau.

 “Dengan begitu kita bisa membangun, terjaga keamanan, kita bisa hidup dengan enak di Kabupaten Sanggau ini,”tutupnya.

Penulis :  Darmansyah /r


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini