Dinsos Mempawah Siapkan 100 Ton Beras Bagi Warga Terdampak Bencana

Editor : Dian Sastra

Banjir yang melanda Desa Sungai Batang, Kecamatan Sungai Pinyuh, beberapa waktu lalu. Dinas Sosial Mempawah telah menyiapkan 100 ton beras bagi warga terdampak bencana. (Foto. Dok Pemdes Sungai Batang).

Mempawah (Suara Kalbar) - Dinas Sosial PPPAPMPD Kabupaten Mempawah menyiapkan sebanyak 100 ton beras bagi warga terdampak bencana yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Kepala Bidang Sosial pada Dinas Sosial PPPAPMPD Kabupaten Mempawah, Heru Agung YA yang ditemui di kantornya mengatakan, adapun mekanisme bantuan ini dapat diberikan kepada masyarakat terdampak, setelah pihaknya mendapat SK Tanggap Darurat dari Tim Penanggulangan Bencana Pemkab Mempawah.

"Beras Cadangan Pemerintah nama (nomenklatur)-nya. Jadi begitu SK masuk, langsung kita tindak-lanjuti," jelasnya, Jumat (20/11/2020).

Heru menyampaikan, bahwa bantuan ini secara rutin diberikan Kemensos kepada pemerintah daerah setiap tahunnya.

"Setiap tahun sama kuotanya dari Kemensos, tahun lalu juga 100 ton, dan sejauh ini bantuan yang diberikan kepada masyarakat cukup, tidak pernah melebihi kuota 100 ton yang tersedia. Dan saya kira, persediaan kita tahun ini cukuplah sampai Desember nanti," katanya.

Selain memberikan bantuan pangan berupa beras, Dinsos Mempawah dikatakan Heru juga terlibat dalam menyiapkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang siap sedia kala saat bencana terjadi.

"Seperti membuat dapur umum, melakukan evakuasi dan sebagainya, mereka juga telah diberikan keterampilan. Selain itu, kita juga mempunyai Kampung Siaga Bencana di wilayah Sepang dan di Pasir. Jadi sewaktu-waktu banjir datang, Tagana yang ada di sana bisa langsung kita kerahkan," katanya.

Terkait dengan pemberian bantuan, sebelumnya, Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi menyampaikan, terdapat beberapa instansi terkait dibawah Pemkab Mempawah yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Bencana Pemkab Mempawah, dimana jenis bantuan yang diberikan pun disesuaikan dengan tupoksi masing-masing.

"Untuk bantuan lain-lain, ada di instansi terkait lainnya, di BPBD misalnya, dan lainnya. Kalau di Dinsos kita siapkan bantuan beras tadi," tambah Heru.


Penulis: Akbar AB

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini