Dinas PMTK Singkawang Minta Pelaku Usaha Tingkatkan K3 dan 3 M

Editor : Suhendra Yusri
Kepala Dinas Penanaman  Modal dan Tenaga Kerja Kota Singkawang, Asmadi

Singkawang (Suara Kalbar)- Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Kota Singkawang meminta setiap usaha agar meningkatkan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) diantaranya penerapan protokoler kesehatan 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun) bagi karyawannya.

 “Setiap usaha untuk meningkatkan K3 (kesehatan dan keselamatan kerja, apalagi Singkawang di tengah pandemi sudah hijau berubah menjadi kuning sekarang  orange, sementara dari satu sisi perekonomian harus tetap berjalan,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja Kota Singkawang, Asmadi, Minggu (15/11/2020).

Sehingga dia meminta agar para pelaku usaha baik dunia usaha besar, menengah dan UMKM untuk selalu tetap meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja, dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara maksimal.

Dia menjelaskan jika ada karyawan yang kondisinya sakit maka dapat diperiksakan di klinik terdekat, dan ketika tidak masuk kerja lantaran sakit dapat dimaklumi.

“Kami Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja mengharapkan penanganan Covid-19 dari semua pihak, baik kesehatan dan ekonomi. Ini merupakan sisi dua mata uang dan tak bisa dipisahkan sama-sama penting, sehingga kayawan tapi tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

 Asmadi juga mengimbau agar pihak perusahaan baik kecil, menengah untuk memberikan jaminan sosial dan kesehatan bagi karyawannya sesuai amanat undang-undang tenaga kerja.

Tidak hanya itu saja, Asmadi juga meminta agar Surat Perjanjian Kerja (SPK) dapat dikonsultasikan dan dilegalkan, termasuk aturan di dalam perusahaan.

Pihaknya tetap melakukan pembinaan dan monitoring terhadap dunia usaha di Kota Singkawang agar sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penulis  : Tim Liputan 




Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini