Desa Melapi Anggarkan Dana Desa untuk Tangkal Wabah Covid-19

Editor : Dina Prihatini Wardoyo


Kapuas Hulu
- Bertempat di Kantor Desa Melapi 1, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, telah dilaksanakan acara Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 di wilayah Kodam XII/Tanjungpura, beberapa waktu lalu.

Kegiatan tersebut, dalam rangka memperingati hari Pahlawan, yang juga merupakan upaya mewujudkan Desa mandiri dan sehat. 

Adapun tema dalam kegiatan tersebut yakni "Pahlawan Era Milenial Adalah Pahlawan yang Memutus Mata Rantai Covid-19".

 Hadir dalam acara tersebut sekitar 40 orang, diantaranya yakni Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, yang sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Hadir pula Dandim 1206/Putussibau, Letkol Inf Basyaruddin, S.S, serta tamu undangan lainnya.

Pangdam XII/Tanjungpura, dalam amanatnya yang dibacakan Dandim 1206/Putussibau, Letkol Inf Basyaruddin, menyatakan, pandemi Covid-19 merupakan masalah bersama, yang hingga sampai saat ini masih menjadi bencana nasional Non alam.

"Dalam hal ini Kodam XII/Tanjungpura, yang merupakan kompartemen strategis TNI-AD, yang sekaligus tergabung dalam komando tugas gabungan terpadu, mempunyai visi melaksanakan percepatan dalam rangka penanganan Covid-19," ujar Pangdam melalui Dandim.

Dikatakannya lebih lanjut, kegiatan pencanagan Satgas Desa Tangkal Covid-19 tersebut, dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19, yang merupakan bagian dari pelaksanaan Bhakti TNI, untuk menangani masalah-masalah kemanusiaan dan sosial yang dilaksanakan bersifat fisik maupun non fisik.

"Kegiatan pencanagan Satgas Desa Tangkal Covid-19 ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga  diharapkan dapat terjadi perubahan status menjadi daerah zona hijau di seluruh wilayah Kodam XII/Tanjungpura," harap Dandim.

Selain itu lanjut Dandim, kegiatan tersebut juga berkenaan dengan peringatan hari Pahlawan, yang jatuh pada 10 November 2020 mendatang.

"Kodam XII/Tanjungpura memanfaatkan momentum ini dengan melaksanakan kegiatan pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 secara serentak di seluruh wilayah Kodam XII/Tanjungpura," ungkap Dandim.

Sementara itu, Kepala Desa Melapi, Sikundus Luat Maring, dalam sambutannya mengatakan, selama ini di Desa Melapi tidak ada masyarakat yang terpapar Covid-19, sehingga untuk menangkal wabah tersebut, desa melalui dana desa menganggarkan untuk membeli sabun dan tong air untuk mencuci tangan serta selalu melakukan pola hidup sehat dengan langkah 3M.

"Alhamdulillah, di desa Melapi ini tidak ada warga yang terpapar Covid-19," singkat Kades. 


Penulis : Noto

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini