BKKBN Kalbar Sosialisasikan Kampung KB di Desa Kepayang Anjongan

Editor : Suhendra Yusri
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar melakukan sosialisasi program kampung KB di Desa Kepayang Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah, Senin (15/11/2020).

Mempawah (Suara Kalbar) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat melakukan sosialiasi program kampung KB di Desa Kepayang Kecamatan Anjongan Kabupaten Mempawah, Senin (15/11/2020).

Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Tenny Calvenny Soriton mengatakan program kampung KB dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ini dikarenakan didalam program tersebut banyak sektor yang membantu mensosialisasikannya.

“Kalau dilihat dari laporan-laporan yang ada disampaikan oleh kepala-kepala desa seperti tadi disampaikan bahwa memang program kampung KB sangat bermanfaat, karena disini di kampung KB ada semua sektor masuk bukan hanya mengenai fisik tapi juga SDM nya termasuk dari kesehatan mensosialisasikan kesehatan reproduksi yang sehat dan benar,” ujar Tenny Calvenny Soriton kepada wartawan.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan untuk angka pernikahan pasangan muda antara 15 sampai 19 tahun di Kalbar cukup tinggi.

“Angka pasangan subur di Kalimantan Barat 63 per 1.000 wanita usia sudah menikah itu yang cukup tinggi dan itu umur 15 sampai 19 tahun, ini yang menjadi tugas kita bersama nanti,” ujarnya.

BKKBN Kalbar juga mempunya program Pendewasaan Usia Perkawinan yang akan terus disosialisasikan disetiap kegiatan, seperti yang dilakukan pada kegiatan hari ini.

“BKKBN kan punya program PUP yaitu Pendewasaan Usia Perkawinan dan kita tetap sosialisaikan dimanapun kita berkegiatan untuk penundaan usia perkawinan. Diharapkan bagi perempuan usia perwakinan 21 tahun dan 25 tahun laki-laki,” jelasnya.

Program kampung KB ini merupakan kerjasama dengan Alifuddin selaku Anggota Komisi IX DPR RI. Dirinya menyampaikan Alifuddin sangat mendukung program kampung KB ini.

“Jadi komisi IX menyampaikan bahwa sangat mendukung secara penuh program-program ini dan nanti akan menjadi bahan pak Aliffudin untuk nanti penyusunan anggaran tahun depan. Jadi dia sangat mendukung program kampung KB ini dan kedepan menjadi perhatian khusus pak Aliffudin bagaimana program kampung KB ini tetap ditingkatkan baik pendanaan maupun pengawaaan agar terlaksana dengan baik,” ungkap Tenny.

Tenny menuturkan dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, program-program BKKBN Kalbar terutama dilapangan memang terdapat kendala, akan tetapi kendala tersebut dapat diantispasi dengan cara berinovasi agar program-program tersebut tetap terus berjalan.

“Memang kita ada kendala dalam rangka pelaksanaan program di lini lapangan tapi dengan era new normal tentunya kita harus mengantisipasi dan berinovasi supaya program walaupun pada masa Covid ini program-program kita tetap terus berjalan,” tukasnya.

Penulis : Yapi Ramadhan


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini