355 Casis Bintara Polisi Kalbar Lakukan Tes Swab

Editor : Suhendra Yusri
Petugas medis melakukan pengambilan sampel Tes Swab terhadap calon siswa Bintara Polri Tahun 2020.

Pontianak (Suara Kalbar) - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat melalukan pemeriksaan Tes Swab terhadap 355 calon siswa Bintara Polri Kalbar Tahun 2020.

“Jadi hari ini kita melaksanakan Tes Swab kepada 335 orang siswa yang akan mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri dan ini atas permintaan Polda Kalimantan Barat,” ujar Kepala Dinas Provinsi  Kalbar, Harisson kepada wartawan, Sabtu (7/11/2020).

Dia menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari salah satu protokol kesehatan sebelum mereka melanjutkan ketahap yang selanjutnya. Polda Kalbar tidak menginginkan adanya klaster baru dan yang mengikuti pendidikan nantinya harus benar-benar tidak sedang Covid-19.

“Mereka ini akan mengikuti pendidikan dan ini sebagai suatu protokol sebelum mereka mengikuti pendidikan supaya nanti di pendidikan itu nanti tidak menjadi klaster baru. Jadi nanti yang mengikuti pendidikan ini yang benar-benar sudah sedang tidak dinyatakan tertular Covid-19,” kata Harisson.

Untuk hasil dari pemeriksaan Swab tersebut,Harisson menerangkan bahwa hasil akan dikeluarkan secara bertahap. Ini dikarenakan saat ini Laboratorium Untan belum stabil dalam melakukan pemeriksaan.

“Jadi karena memang Laboratorium  Untan sendiri kapasitasnya masih 300, jadi kita akan antrikan, kita bertahap keluarkan hasilnya karena harus memperhatikan kebutuhan dari rumah sakit maupun dari treacing Kabupaten Kota,” jelasnya.

Jika casis kedapatan ada yang positif Covid-19, kata Harrisson, maka selanjutnya akan diambil tindakan untuk melakukan isolasi terhadap casis yang terkonfirmasi.

“Nanti kalau memang ada yang positif mereka akan diobati dulu ya, diisolasi dan dikarantina. Diisolasi selama 10 sampai 14 hari ,lalu kita uji Swab lagi,kalau Swabnya benar-benar sudah negatif maka baru akan mengikuti pendidikan. Jadi supaya tidak menjadi klaster baru jadi benar-benar semua pesertanya itu harus negatif,” tukasnya.

Penulis  : Yapi Ramadhan

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini