Update Covid-19 di Kalbar, Sebanyak 41 Orang Kembali Terkonfirmasi

Editor : Suhendra Yusri
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Harrisson

Pontianak (Suara Kalbar) – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harrisson kembali mengumumkan tambahan kasus baru  Covid-19 di Kalbar, yakni sebanyak 41 kasus baru terkonfirmasi Covid-19.

“Berdasarkan pemeriksaan Mobile PCR Sintang dan Laboratorium Untan pada tanggal 5 Oktober tahun 2020 Kalimantan Barat ada tambahan sebanyak 41 kasus konfirmasi Covid-19,” ujar Harrisson kepada awak media, Selasa (6/10/2020).

Dirinya menjelaskan ke 41 orang ini berasal dari daerah Kabupaten Sintang,Kabupaten Melawi, Kota Pontianak,Kabupaten Kubu Raya,Kabupaten Kayong Utara,Kabupaten Kapuas Hulu,Kabupaten Bengkayang,Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Sambas.

“Ke 41 kasus ini terdiri dari di Sintang 13 orang ,Melawi 8 orang ,Pontianak 6 orang,Kubu Raya 2 orang,Kayong Utara 1 orang,Kapuas Hulu 1 orang,Bengkayang 2 orang, Mempawah 4 orang dan Sambas 4 orang,” katanya.

Untuk kasus konfirmasi di Kabupaten Sintang dan Kabupaten Melawi, Harisson menerangkan ini merupakan satu klaster yang saling berhubungan.

“Untuk di Sintang 9 orang kasus konfirmasi Covid-19 dan 8 orang kasus konfirmasi Covid-19 di Melawi ini merupakan satu klaster. Ini satu klaster yang saling berhubungan,” ungkapnya.

Untuk kasus konfirmasi baru di Kota Pontianak ada 6 orang yang saat ini sedang dirawat di RSUD Dr Soedarso. Dua orang di Kabupaten Kubu Raya saat ini juga sedang dirawat di RSUD Dr Soedarso.

Sedangkan Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Bengkayang, kasus konfirmasi barunya merupakan hasil screening di Puskesmas.

“Untuk Kabupaten Mempawah ini merupakan hasil screening dari Puskemas dan mereka ini orang tanpa gejala. Untuk Bengkayang ini merupakan hasil screening di Puskesmas,” sambungnya.

Dibeberkannya pula untuk satu kasus di Kabupaten Kayong Utara merupakan satu orang guru di SMK 1 Sukadana . Guru tersebut pernah melakukan perjalanan ke Medan.

“Kayong Utara ini satu orang guru di SMK 1 Sukadana. Guru ini kemarin melakukan perjalanan pada tanggal 16 September ke Medan karena ada acara keluarga. Kemudian pada tanggal 21 September pulang dan merasa demam. Jadi di Kayong Utara ini ada satu kasus konfirmasi Covid-19,” kata Harisson.

Lalu untuk di Kabupaten Kapuas Hulu , satu orang ini merupakan berhubungan dengan klaster kesehatan Rumah Sakit Achmad Diponegoro. Sedangkan untuk di Kabupaten Sambas , dua orang sedang dirawat di rumah sakit Pemangkat dan duanya lagi sedang dirawat di rumah sakit Sambas.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu ini juga menyampaikan kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar yang dinyatakan sembuh. Sebanyak 8 orang berhasil dinyatakan sembuh hari ini.

“Kemudian untuk kesembuhan ada 8 orang yaitu di Kota Pontianak sebanyak 8 orang,” bebernya.

Sehingga berdasarkan data sampai hari ini, total kasus Covid-19 di Kalimantan Barat mencapai 1.085 kasus. Dimana 874 kasus dinyatakan sembuh atau sekitar 8,55 persen dan 9 orang meninggal dunia.

Penuliis  : Yapi Ramadhan


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini