Tujuh Kasus Baru di Mempawah, Tiga Puskesmas Ditutup Sementara

Editor : Suhendra Yusri
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian

Mempawah (Suara Kalbar)- Kabupaten Mempawah hari ini kembali mencatat tujuh kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19. Lima diantaranya adalah tenaga kesehatan. Mulai besok, tiga puskesmas akan ditutup sementara. 

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Mempawah, Mukhtar Siagian, membenarkan adanya penambahan tujuh kasus baru tersebut. 

“Ya, suratnya baru saja kami terima dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar. Dari ketujuh kasus ini, lima diantaranya adalah tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas, yakni Toho, Segedong dan Mempawah Hilir,” ujar Mukhtar. 

Tiga kasus pertama berasal dari Kecamatan Toho, terdiri atas dua tenaga kesehatan di Puskesmas Toho, berjenis kelamin laki-laki, usia 26 tahun, dan perempuan usia 53 tahun, serta seorang warga berjenis kelamin laki-laki usia 50 tahun. 

Kasus keempat, adalah tenaga kesehatan di Puskesmas Segedong, berjenis kelamin perempuan, usia 44 tahun. Yang bersangkutan terkonfirmasi dengan keluhan kehilangan indra perasa, pilek dan demam. 

Dan tiga kasus terakhir, tambah Mukhtar, dua tenaga kesehatan di Puskesmas Mempawah Hilir, berjenis kelamin perempuan, berusia 52 tahun dan 38 tahun, serta seorang warga umum klaster Munzalan berjenis kelamin perempuan, usia 25 tahun. 

“Dengan adanya lima tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif ini, maka tiga puskesmas tersebut akan kita tutup sementara untuk sterilisasi mulai besok, Jumat (2/10/2020),” kata Mukhtar. 

Penutupan ketiga puskesmas direncanakan berlangsung hingga Senin depan dan akan buka kembali pada Selasa (6/10/2020). Surat instruksi penutupan sementara ketiga puskesmas itu bernomor 448/1021/DISKESPPKB-D. 

“Surat sudah ditandatangani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, bapak Jamiril. Hari ini langsung kita kirimkan ke tiga puskesmas itu agar menghentikan sementara pelayanan kesehatan,” tegas Mukhtar lagi.  

Terhadap ketujuh orang yang terkonfirmasi ini, Mukhtar Siagian, mengatakan, telah diperintahkan agar melaksanakan isolasi mandiri di kediaman masing-masing untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dengan penambahan tujuh orang ini, maka jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Mempawah menjadi 60 orang. Sementara yang dinyatakan sembuh 32 orang, isolasi mandiri 26 orang dan meninggal dunia 2 orang. 

Penulis : Dian Sastra / Adv


Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini